Peletakan Batu Pertama IKM Papua, Wagub Audy Apresiasi Kekompakan Perantau

Peletakan Batu Pertama IKM Papua, Wagub Audy Apresiasi Kekompakan Perantau

Berita Utama Algamar Arif Safitra, S.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 04 Oktober 2021 17:40:34 WIB


Mengunjungi Kontingen Sumatera Barat yang tengah berlaga di PON XX Papua, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy juga menyempatkan diri untuk hadir pada peletakan batu pertama gedung Ikatan Masyarakat Minang (IKM) di Sentani, Kabupaten Jayapura, Minggu (3/10/21).

Kehadiran Wagub Audy disambut hangat oleh Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) IKM, Zulhendri Sikumbang beserta puluhan perantau minang lainnya dengan tarian khas Minangkabau.

Zulhendri menjelaskan bahwa pembangunan gedung IKM di Kabupaten Jayapura ialah sebagai sarana penampungan sementara bagi perantau minang yang belum memiliki tempat tinggal di Papua.

Mewakili para perantatu, Zulhendri juga berterima kasih atas kesediaan Wagub untuk hadir Wagub Audy dalam peletakan batu pertama gedung IKM Papua tersebut.

“Gedung ini nantinya akan dipergunakan bagi masyarakat minang yang belum memiliki tempat tinggal,” jelasnya pada Wagub.

Ia juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh masyarakat minang di Papua karena telah ikut berpartisipasi dalam pembangunan gedung IKM.

“Syukur alhamdulillah sumbangsih teman-teman yang di Papua ahkirnya bisa membeli lahan untuk pembangunan gedung IKM di Kabupaten Jayapura,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy dalam sambutannya berharap gedung IKM tersebut dapat menjadi kebanggaan bagi rakyat minang yang berada di Papua.

“Ini akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat minang di Papua, semoga lancar dalam pembangunannya dan gedung ini bermanfaat bagi perantau minang dan pembangunannya segera selesai,” katanya.

Audy juga berterima kasih lantaran sudah disambut begitu hangat oleh para perantau minang yang berada di Papua.

“Alhamdulilah bisa silahturahmi dengan IKM papua, ini IKM yang terjauh di timur Indonesia, jumlah masyarakat di sini cukup fantastis, 10ribu,” katanya.

Audy juga memberikan apresiasi atas kekompakan perantau minang yang berada di Papua, karena telah bahu-membahu untuk membeli tanah untuk pembangunan gedung IKM tersebut.

“Ini suatu yang luar biasa, perantau minang disini, karena bahu-membahu membeli tanah yang akan membangun gedung dan bisa diperuntukan bagi perantau-perantau yang baru pertama kali datang ke papua ataupun bisa digunakan saat terjadi persoalan seperti konflik yang kemarin,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa akan merekomendasikan pada anggota DPR-RI untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan gedung IKM Papua.

“Kita juga mengarahkan kepada anggota-anggota DPR-RI yang lain, dan dari kami pribadi Insha Allah pemprov Sumbar juga turut membantu, sesuai dengan bajet anggaran pemerintahan,” katanya.

“Semoga disaat kita datang ke Papua lagi, gedung ini sudah berdiri, jadi mungkin saya, atau bapak gubernur bisa meresmikan gedung ini,” lanjut Audy.

Audy juga berharap agar kekompakan semacam ini terus dijalin oleh perantau-perantau minang lainnya, tidak hanya di Papua, tapi juga di Provinsi lainnya di seluruh Indonesia.

“Ini apresiasi tinggi kepada pengurus IKM Papua, ini sesuatu wujud yang luar biasa, bukti kekompakan orang-orang di rantau, kalau orang dirantau bisa kompak, harusnya di ranah jauh lebih kompak,” tutupnya. (MC Prov Sumbar)

 

Dinas Kominfotik Sumbar