Ustadz Zul Alfi Ingatkan Muhasabah Diri dalam Wirid di Dinas PMD Sumbar

Ustadz Zul Alfi Ingatkan Muhasabah Diri dalam Wirid di Dinas PMD Sumbar

Berita OPD Adi pondra(Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) 12 Agustus 2022 13:15:10 WIB


Padang, Agustus

Ustadz Zul Alfi Lubis, M.Ag mengingatkan agar manusia bersikap jujur dan tidak berbohong dalam kehidupan sehari-hari. Sebab manusia bisa saja dibohongi, tetapi Allah SWT melihat dan akan memberi ganjaran. Karena Allah SWT maha tahu segala-galanya.

Tausiyah dengan tema Muhasabah Diri ini disampaikan Ustadz Zul Alfi Lubis dalam Wirid Mingguan kepada Keluarga Besar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar, pada Jum'at (12/8/2022) pagi. 

Hadir dalam acara wirid ini Kepala Dinas PMD Sumbar Amasrul, SH., Sekretaris Amriman, S.Pd.MM. yang sekaligus melantunkan ayat suci Al Qur'an, para Kepala Bidang, Kasubag, JFT dan JFU di lingkungan Dinas PMD Sumbar.

Menurut Zul Alfi Lubis, M.Ag., dalam surat Al Mukminun ayat 115 dengan jelas pertanyaan Allah, apakah kamu (manusia) hidup itu hanya untuk main main. Dalam hal ini mengingatkan agar manusia tidak ada berbohong dan bersandiwara dalam hidupnya.

Kemudian dalam surat Al Kiamah ayat 36 dengan pertanyaan Allah, apakah kamu (manusia) duga nantinya kamu akan bebas tanpa adanya pertanggungjawaban di akhirat Berhati-hatilah karena semua perbuatan manusia ada pertanggungjawabannya.

Di ujung tausiyahnya, Ustadz Zul Alfi Lubis mengutip surat Ali Imran ayat 142 dengan pertanyaan Allah, sebesar apakah kekuatan kamu (manusia) dalam beribadah dan sebesar apakah kekuatanmu dalam menghadapi musibah?

Dengan kutipan tiga surat itu menunjukkan bahwa manusia itu selalu dilihat Allah SWT segala perbuatannya, dan nanti akan dimintai pertanggungjawaban di akhirat nantinya. "Marilah kita selalu ingat Allah SWT dalam keseharian, yaitu dengan beribadah, mengerjakan perintah Nya dan meninggalkan larangan Nya," kata Ustadz Zul Alfi Lubis.

Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH dalam arahannya meminta semua ASN di Dinas PMD dapat mengimplementasikan tausyiah itu dalam kehidupan sehari-hari. "Bekerjalah dengan penuh semangat, bersyukur dan jangan banyak mengeluh," kata Amasrul, mantan Sekda Kota Padang ini.

Jumlah pegawai Dinas PMD Sumbar yang hadir dalam Wirid Mingguan ini 40 orang dari 53 orang jumlah keseluruhan. Sisanya ada yang sakit, izin, dinas luar dan cuti. (GK)