Praktik Kerja Dalam Negeri ke Pemprov Sumbar, Gubernur Mahyeldi Terima 8 Siswa Sespimti

Praktik Kerja Dalam Negeri ke Pemprov Sumbar, Gubernur Mahyeldi Terima 8 Siswa Sespimti

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 25 Juli 2022 18:50:34 WIB


Mengusung tema “Strategi Polri Menjaga Stabilitas Kamtibmas Dalam Rangka Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural” sebanyak delapan calon Jenderal yang yang sedang mengikuti Praktik Kerja Dalam Negeri (PKDN) Sespimti, mengunjungi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Senin (25/7/2022).

Kedelapan siswa Sespimti yang didampingi Brigjen Pol. DR. Zulkifli, S.IK, MH dan KBP Burhanudin, SIK.MH, tersebut diterima langsung oleh Gubernur Sumbar, Buya Mahyeldi di Istana Kompleks Gubernuran Sumbar. Turut mendampingi gubernur, Asisten Pemerintahan dan Kesra Devi Kurnia, Kepala BPSDM Jefrinal Arifin dan Ka.Biro Adpim Maifrizon.

Kehadiran delapan Siswa Sempimpti yang terdiri atas lima dari Polri dan 3 dari TNI tersebut menurut Brigjen Pol. DR. Zulkifli dalam rangka melakukan pengamatan dan kunjungan langsung agar mendapatkan gambaran yang jelas tentang suatu daerah, kendala dan solusi, khususnya dalam melaksanakan perbaikan perekonomian dan pelayanan pada masyarakat.

Gubernur Mahyeldi dalam pemaparannya menjelaskan cukup panjang lebar tentang Sumbar dan adat dan budaya Minangkabau yang berfalsafahkan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullaah (ABS-SBK). Termasuk juga mengenai banyaknya tokoh pendiri bangsa dan pahlawan nasional asal Minangkabau yang berperan penting dalam perjuangan pra kemerdekaan dan disaat negara dalam keadaan genting.

Selain itu, Gubernur juga menyampaikan program pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 yang dilakukan pemerintah terutama melalui sektor pariwisata dan pertanian.

"Upaya pemulihan tidak terlepas dari kontribusi besar dari Forkopimda Sumbar khususnya TNI dan Polri. Saya mengapresiasi Forkopimda yang pada saat pandemi Covid-9 lalu banyak memberikan bantuan sehingga bisa menekan kasus sekaligus meningkatkan capaian vaksinasi," ujar gubernur.

Dalam sesi diskusi, siswa Sespimti menanyakan tentang berbagai hal, diantaranya mengenai perkembangan kearifan lokal Ranah Minang ditengah modernisasi serta tanah ulayat yang dinilai menghambat investasi di Sumbar.

Usai diskusi, perwakilan siswa Sespimti memberikan cendramata kepada gubernur dan pertemuan dilanjutkan dengan makan siang bersama.

Delapan calon Jendral tersebut 5 diantaranya dari Kepolisian yakni KBP Rifki, SH, SIK, KBP Ahmad Sulaiman, SIK,MH, KBP Sonny Mahar Budi, SIK, MH,dan KBP Heru Budi Prasetyo,SIK, sedangkan dari TNI 3 orang yakni Kol. PNB Sukarno, Kol.Inf. Eko Pasca Herisuci N dan Kol. Laut (P) Rahadian Rahmadi, SE, M.Tr. Hania.(doa/MMC)

 

Dinas Kominfotik Sumbar