Tingkatkan Gizi Masyarakat DKP Gelar Sosialisasi Gemarikan

Tingkatkan Gizi Masyarakat DKP Gelar  Sosialisasi Gemarikan

Berita OPD Eri Jusnita, ST.(DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN) 17 Juni 2022 18:29:35 WIB


Dalam rangka meningkatkan gizi, kesehatan dan kecerdasan masyarakat Sumatera Barat, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat selalu berupaya memberikan informasi tentang pentingnya makan ikan kepada masyarakat, salah satunya dengan mengadakan Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

 

Tahun ini, DKP Sumbar mengadakan Sosialisasi Gemarikan di tiga (3) Kab./Kota yaitu, Kota Sawahlunto, Kab. Solok Selatan dan Kota Pariaman.

 

Sosialisasi juga dibarengi dengan pemberian paket makanan olahan ikan seperti tuna beku, lele asap, lele bumbu, risoles ikan dan snack olahan ikan sebanyak 205 paket. Paket ini diserahkan kepada ibu hamil dan balita. Terakhir Sosialisasi dilakukkan di Posyandu Cahaya Fajar desa Padang Cakur, Pariaman Selatan, Kota Pariaman, yang dibuka oleh Kadis DKP Sumbar dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang (Kabid) Penguatan Daya Saing produk Kelautan dan Perikanan (PDSKP) Yulia Madhona, S.Pi, Jum'at 17/06/2022.

 

Dona mengatakan melalui konsumsi ikan yang dikenal memilki nilai gizi yang tinggi dan relatif murah serta ketersediaan yang tinggi, ikan diharapkan juga mampu mencegah stunting dan gizi buruk pada bayi dan anak.

 

"Makan ikan sangatlah penting, selain meningkatkan gizi juga baik untuk mecegah stunting dan gizi buruk pada anak serta sangat baik dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil" ungkap Dona pada sambutannya.

 

Kegiatan Gemarikan ini diperingati setiap tahunnya pada tanggal 18 Juni, sesuai Keputusan Gubernur Sumatera Barat No. 523/613/2012 tanggal 30 Agustus 2012. 

 

AYO MAKAN IKAN!!!