Forum Germas Diharapkan Bisa Lebih Berperan di Masa Pandemi Covid-19

Forum Germas Diharapkan Bisa Lebih Berperan di Masa Pandemi Covid-19

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 13 Oktober 2021 13:02:14 WIB


Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) diharapkan tidak hanya dijadikan acara seremonial semata, akan tetapi menjadi nafas dalam kehidupan sehari-hari agar pembangunan kesehatan dapat mengedepankan kesadaran untuk hidup sehat.

Hal ini dikemukakan Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Barat, yang diwakili Kabid Kesehatan Masyarakat Yuni Andra, saat membuka rapat koordinasi Forum Germas, di Aula Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, Selasa (12/10/2021) pagi.

"Sangat penting dilakukan saat ini adalah merubah kebiasaan dan perilaku individu, serta didukung kualitas lingkungan dan edukasi dan mengajak masyarakat hidup sehat. Apalagi ditengah kondisi pandemi Covid-19, Germas diharapkan kembali aktif di Sumbar," kata Yuni Andra.

Lebih lanjut disampaikan Yuni, beberapa persoalan yang ada di Sumbar saat ini adalah kurang gizi, minimnua kegiatan fisik serta masih tingginya angka kebiasaan merokok dan meminum alkohol. Hal ini menurut Yuni menjadi salah satu penyebab mudahnya maayarakat terserang penyakit, yang pada akhirnya mempengaruhi kondisi sosial ekonomi masyarakat.

Kehadiran Forum Germas Sumbar serta didukung segenap lapisan masyarakat, lanjut Yuni, diharapkan mampu meningkatkan kualitas masyarakat. Terutama di kondisi pandemi ini germas bisa lebih giat lagi, membantu pemerintah menyelesaikan persoalan penyakit menular.

Selain dari Dinkes Sumbar, Rakor Forum Germas ini juga menghadirkan narasumber dari Kanwil Kemenkumham Sumbar, Bobby Sectio Wahyudi, tentang pengaturan kebijakan gerakan masyarakat hidup sehat.

"Sesuai aturan-aturan yang ada, kehadiran Forum Germas yang paling penting adalah melibatkan perangkat daerah. Dalam aturan itu sudah ada penjelasan peran masing-masing perangkat daerah. Kebijakan ini harus didukung oleh Peraturan Gubernur sebagai dasar kebijakan, sekaligus dasar pembentukan forum," ujar Bobby.

Narasumber kedua dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumbar, memaparkan isu kesehatan yang menjadi fokus pada tahun 2021 diantaranya pencegahan stunting dan penurunan angka kematian ibu dan bayi.

Rapat koordinasi forum Germas ini dihadiri perwakilan dari 17 OPD dan instansi vertikal, organisasi profesi serta pemangku kepentingan lainnya. Kegiatan juga diperdalam melalui diskusi dalam rangka penguatan fungsi dan peran Forum Germas Sumbar.(doa/MMC)

Diskominfotik Sumbar