## SMAN 2 Gelar Acara Sosialisasi Dan Bimtek Program ROOTS Pencegahan Perundungan Sekolah ###

Berita OPD Fatmawati Sawir(Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) 29 September 2021 15:59:58 WIB


## SMAN 2 Gelar Acara Sosialisasi Dan Bimtek Program ROOTS Pencegahan Perundungan Sekolah  ###

 

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak Prov. Sumbar ( Dra. Sumarni.MPd ) membuka secara resmi sekaligus  narasumber dlm acara Pencegahan Perundungan Sekolah di SMAN 2 Padang. Hari ini Selasa (28/09/2021 ) di Aula SMAN 2 Padang.

 

Turut hadir Kepala Sekolah SMAN 2 Padang, Rektor 3 Unand , Ketua Komite, Siswa Siswi  Agen Perubahan , beserta Orang tua murid.

 

SMAN 2 salah satu sekolah tertunjuk sebagai Sekolah Pengerak anti Perundungan  di Indonesia  

yang akan menjadi sesuatu yg bermanfaat bagi SMAN  2 pd masa yg akan datang 

 

Pencegahan perundungan / bullying  di sekolah 

Yaitu sesuatu perbuatan atau perilaku tidak menyenangkan baik secara verbal, fisik ataupun sosial merasa tidak nyaman , sakit hati dan  tertekan yg dilakukan seseorang yang mana akibat perbuatan seseorang tersebut dapat menyakiti , 

menyinggung membuat orang lain merasa tidak senang.

 

 Sebanyak 30 Orang siswa dan siswi setingkat SLTA yang tertunjuk sebagai agen perubahan yang ada di Indonesia  ditunjuk sebagai  agen perundungan disekolah yg nanti nya bertugas utk memberikan edukasi, sosialisasi  bahwa tidak boleh membully dilingkungan  ditengah tengah masyarakat khususnya disekolah , mereka ini siswa siswi yang berjumlah 30  orang ini akan diberi Bimtek  anti Perundungan selama 10 hari pertemuan baik luring maupun daring  oleh fasilitator . 

 

Literasi , ada 3  membaca, berhitung dan menulis

tambah satu lagi  dimasa sekarang ini adalah literasi digital , literasi yg tdk kalah penting adalah kemampuan generasi muda untuk menguasai literasi humanity yaitu empati

Empati begitu penting yaitu perasan  tertinggi, mengerti dg perasan orang lain ,