Rakor Satpol PP dalam Optimalisasi Penegakan Peraturan Daerah

Rakor Satpol PP dalam Optimalisasi Penegakan Peraturan Daerah

Berita Utama Admin Satpol PP(Satuan Polisi Pamong Praja) 20 September 2016 22:23:40 WIB


Satpol PP Sumbar, Padang --- Rapat Koordinasi Satpol PP se Sumatera Barat dalam Optimalisasi Peraturan Daerah bertempat di Jl Aur No 1 yang dihadiri Kasatpol PP Kab/Kota (20/9/2016) dengan tujuan memberikan pembekalan pola tindak operasional dalam rangka pelaksanaan penegakan Peraturan Daerah, agar terciptanya koordinasi yang baik dengan instansi terkait dan masyarakat dapat beraktivitas dengan aman dan tentram.

Pada kesempatan Rakor ini Kasatpol PP Sumbar (Nazwir, SH, M.Hum)membuka dan memperkenalkan diri sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Sumatera Barat yang baru dilantik pada Jumat, (26/8) yang lalu dan sekaligus memberikan arahan yang berkaitan dengan eksistensi Satuan Polisi Pamong Praja dalam penegakkan hukum (represif), sebagai perangkat pemerintah daerah, kontribusi Satuan Polisi Pamong Praja sangat diperlukan guna mendukung suksesnya pelaksanaan Otonomi Daerah dalam penegakan peraturan daerah menciptakan pemerintahan yang baik. Karena aparat Polisi Pamong Praja merupakan garis depan dalam hal motivator dalam menjamin kepastian pelaksanaan peraturan daerah dan upaya menegakkannya ditengah-tengah masyarakat, sekaligus membantu dalam menindak segala bentuk penyelewengan dan penegakan hukum.

Dalam melaksanakan tugas Satpol PP yaitu menegakkan Peraturan Daerah dan keputusan kepala daerah, tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan, terlebih dalam melaksanakan kewenangan ini Polisi Pamong Praja dibatasi oleh kewenangan represif yang sifatnya non yustisial. Aparat Polisi Pamong Praja seringkali harus menghadapi berbagai kendala ketika harus berhadapan dengan masyarakat yang memiliki kepentingan tertentu dalam memperjuangkan kehidupannya, yang akhirnya bermuara pada munculnya konflik (bentrokan).

Dalam menghadapi situasi seperti ini Polisi Pamong Praja harus dapat mengambil sikap yang tepat dan bijaksana, sesuai dengan paradigma baru Polisi Pamong Praja yaitu menjadi aparat yang ramah, bersahabat, dapat menciptakan suasana batin dan nuansa kesejukan bagi masyarakat, namun tetap tegas dalam bertindak demi tegaknya peraturan yang berlaku

Dalam presentasinya, Nazwir mengungkapkan kinerja Satuan Polisi Pamong Praja tidak pernah luput dari perhatian publik, mengingat segala aktivitasnya dengan mudah diketahui melalui pemberitaan di mass media, baik cetak maupun elektronik. Sayangnya, image yang terbentuk di benak masyarakat atas sepak terjang aparat Sat Pol PP masih belum seperti yang diharapkan. Munculnya gambaran miring terhadap Pol PP karena seringnya masyarakat disuguhi aksi-aksi represif dan arogan saat menjalankan perannya dalam memelihara dan menyelenggarakan keamanan dan ketertiban umum.

Kasatpol PP Sumbar (Nazwir) juga meminta agar setiap melakukan penegakan Perda di lapangan diharapkan Satpol PP harus berkoordinasi dengan pihak instansi terkait dan bagian hukum agar tidak melanggar prosedur pelaksanaan Perda tersebut, koordinasi ini perlu dilakukan oleh Pol PP karena sebagai eksekutor lapangan mereka sudah tahu apa yang dilakukan di lapangan yang sudah sesuai dengan aturan.

(by Novear)