Kadis PMD dan Pasiter Korem 032/Wbr Tinjau Pra TMMD ke-112 Kab. Agam

Kadis PMD dan Pasiter Korem 032/Wbr Tinjau Pra TMMD ke-112 Kab. Agam

Berita OPD Adi pondra(Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) 10 Agustus 2021 21:28:44 WIB


 

 

Agam, Agustus

 

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 tahun 2021 di Kabupaten Agam, yang akan dimulai September mendatang, dipusatkan di Nagari Persiapan Siguhung, Lubuk Basung, Kabupaten Agam. Sasaran pokoknya adalah membuka badan jalan baru 3,3 kilometer, yang menghubungkan Siguhung menuju Parit Panjang. Keduanya berada di nagari induk Lubuk Basung.

 

Menjelang dibuka secara resmi, TMMD ke-112/2021 Agam sudah dimulai dengan pelaksanaan Pra TMMD yang berlangsung sejak 3 Agustus 2021. Untuk melihat jalannya Pra TMMD, hari Senin (9/8) dilakukan peninjauan langsung oleh Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sumbar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM bersama Pasiter Korem 032 Wirabraja Kol (Kav) Husnizon, S.IP. Ikut mendampingi di lapangan Dansatgas TMMD ke-112/2021 Agam Letkol Arh Yosip Brozti Dadi, SE., Kabid SDA TTG Dinas PMD Sumbar Vera Irawati, ST.MM., Kabid dari Dinas PMN Kabupaten Agam Wahyu Bestari dan Wali Nagari Siguhung Gustiwarman, S.Sos.

 

Dalam peninjauan terlihat aktifitas di lapangan sudah dimulai, yaitu membuat drainase di kiri dan kanan badan jalan dan pembersihan badan jalan. Rencana jalan baru yang dibuka itu lebarnya 4,5 meter, dengan tiga buah gorong-gorong dan tiga buah pemasangan plat.

 

Kadis PMD Sumbar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM mengharapkan pelaksanaan pekerjaan sasaran pokok dapat dipacu pada masa Pra TMMD, sehingga pada saat pelaksanaan TMMD dapat dimanfaatkan waktu untuk finishing dan menyelesaikan sasaran tambahan. Apalagi cuaca sulit ditebak, sehingga masa Pra TMMD dimanfaatkan secara maksimal.

 

Menurut Syafrizal Ucok, pada minggu ketiga Agustus ini dilaksanakan Rakor TMMD ke-112 yang difasilitasi oleh Pemprov Sumbar. Tujuan utamanya adalah menghimpun bantuan dari OPD Provinsi, BUMN dan BUMD serta swasta, untuk mensukseskan pelaksanaan TMMD ke-112 di Kabupaten Agam dan Kabupaten Solok.

 

"Partisipasi masyarakat sangat diharapkan dalam TMMD ini, tidak saja dari OPD Provinsi, BUMN/BUMD pengusaha swasta tetapi dari masyarakat setempat dalam bentuk gotong royong nanti pada waktu pelaksanaan TMMD. Selama ini Alhamdullilah pelaksanaan TMMD di Sumbar selalu sukses dengan tingginya nilai partisipasi masyarakat berkali-kali lipat," kata Syafrizal Ucok, yang juga Ketum Keluarga Besar FK-PPI Sumbar ini.

 

Pasiter Korem 032/Wirabraja Kolonel Kav Husnizon, S.IP berharap tahapan TMMD ke-112 ini dapat berjalan, mulai dari perencanaan, Pra TMMD hingga pelaksanaan TMMD pada September mendatang selama satu bulan penuh, sampai hasil TMMD diserahkan untuk dimanfaatkan masyarakat.

 

Dansatgas TMMD ke-112/2021 Letkol Arh Yosip Brozti Dadi mengatakan, dalam masa Pra TMMD ini kegiatan dilaksanakan oleh Anggota TNI dari Kodim Agam dan masyarakat. Beberapa bantuan alat berat juga dikerahkan untuk percepatan kegiatan. "Alhamdulillah kita telah dan akan dibantu alat berat, baik dari provinsi dan kabupaten, sehingga dapat mempercepat pekerjaan pembukaan jalan," kata Letkol Arh Yosip Brozti Dadi yang juga Dandim 0304 Agam.

 

Selain membuka jalan baru, kata Dansatgas TMMD ke-112 ini, beberapa pekerjaan juga akan disegerakan yaitu pembangunan RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) dan rehabilitasi Mushala Nurul Falah di Balai Ahad. Rencananya ada lima unit RTLH bantuan dari Baznas Sumbar, dan diharapkan juga ada bantuan RTLH dari Baznas Kabupaten Agam. "Adanya bantuan semen dari Bank Nagari yang difasilitasi oleh Dinas PMD Sumbar sudah bisa kami manfaatkan untuk memulai pembangunan RTLH dan rehabilitasi Mushala," kata Yosip Brozti Dadi.

 

Sasaran tambahan lainnya dalam TMMD ke-112/2021 Kabupaten Agam ini adalah penyuluhan di bidang kesehatan, pertanian dan KB. Kegiatan lainnya dalam TMMD ini adalah penanaman bibit pohon buah-buahan dan direncanakan juga pelepasan bibit ikan. (Ondra)