Gubernur Irwan Prayitno Tinjau Usaha Masyarakat di Sungai Pua Kab. Agam

Berita Utama Sub Bag. Sarana dan Prasarana(Sub Bag. Sarana dan Prasarana) 13 Oktober 2013 22:11:36 WIB


Gubernur Irwan Prayitno dalam rangka memberikan motivasi dan dukungan moril terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat melakukan kunjungan ke lokasi usaha kelompok masyarakat di Sungai Pua Kabupaten Agam, Sabtu siang (12/10). Ikut mendampingi Wakil Ketua DPRD Agam Ir.H.Yendril, MM, Tokoh Masyarakat Masrizal Munaf, Camat Sungai Pua.

Gubernur Irwan Prayitno ketika mengunjungi usaha Kelompok Tani Mitra Mandiri di Jorong Galuang Sungai Pua menyampaikan, bantuan pemerintah ini merupakan dorongan untuk masyarakat dapat meningkatkan kegiatan usaha, dari satu kegiatan menjadi dua, sampai tiga kegiatan dalam kehidupan sehari-hari.

Karena usaha tani saja tidak cukup memenuhi kebutuhan hidup masyarakat petani untuk sejahtera, karena itu perlu melakukan usaha tambahan dengan beternak, dan usaha lainnya. Dengan bantuan ternak sebanyak 23 ekor kerbau ini terhadap kelmpok tani Mitra Mandiri yang terdiri dari 25 orang, agar dapat merawat dan menekuni ternak ini sehingga dapat memberikan tambahan penghasilan yang lebih baik secara berkelompok.

Selain ini setiap orang dalam kelompok ini tentu juga dapat mengajukan bantuan dana KUPS kepada perbankan, dan jika tidak cukup syarat dapat pula melalui Jamkrida Provinsi Sumatera Barat. Dana KUPS ini sangat ringan nilai kreditnya hanya 6 persen, yang dibayarkan setelah 2 tahun dari usaha ternak yang dilakukan, ujarnya.

Irwan Prayitno juga menghimbau, agar melakukan usaha  dengan kerja secara sungguh-sungguh dan tekun. Kita yakin potensi alam dan dukungan kebersama-sama akan memudahkan kita dalam meningkatkan usaha secara baik.

Dalam beternak, kita juga dapat memaksimalkan nilai tanam dengan memanfaatkan pupuk organik dari kotoran  dan air seni ternak ini. Pupuk organik sangat baik dalam produktifitas pertanian kita di Sumatera Barat, selain menjaga kondisi tanah, kita juga mampu menjaga kelestarian lingkungan alam secara baik.

Semoga usaha ini dapat berjalan sebagaimana mestinya, untuk kesejahteraan masyarakat Sumatera Barat, doanya.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Irwan Prayitno dan rombongan juga menyempatkan diri melihat dari dekat KUBE Raflesia Dekorindo yang menekuni usaha mebel, setelah mendapat pelatihan melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmingrasi Provinsi. KUBE Raflesia memiliki anggota sebanyak 25 orang yang telah banyak juga memasarkan hasil produksi di sekitar Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi. (Humas Sumbar)