Kemendagri Puji Kinerja Tim Internal Selama Pilkada

Berita Utama TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 13 Desember 2020 17:22:23 WIB


Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Otda Kemendagri) Akmal Malik, mengatakan bahwa seluruh kinerja tim Kemendagri selama pelaksanaan Pilkada serentak 2020 memuaskan. Jum'at (11/12), saat melakukan jumpa pers di kantor Kemendagri di Jakarta, Akmal bersyukur bahwa semua pekerjaan tim Kemendagri berjalan lancar dan sesuai dengan protokol kesehatan.

Ia lantas menegaskan bahwa dalam pelaksanaan pilkada 2020, Kemendagri bertugas memberikan dukungan dan fasilitasi terhadap penyelenggara yakni KPU, Bawaslu dan DKPP. Dalam 9 bulan terakhir ini, Akmal mengatakan bahwa instansi instansi terkait tersebut telah menjalin sinergitas bersama.

Dalam keterangannya, Akmal merinci, ada empat tim yang dibentuk oleh Kemendagri saat menjalankan tugas di Pilkada 2020. Pertama, tim anggaran. Akmal mengatakan bahwa tin tersebut mampu mengkordinir alur finansial serta memastikan realisasi anggaran daerah berjalan baik.i

Sedangkan tim kedua, lanjutnya, adalah tim yang bertugas membantu penyelenggara menyiapkan data kependudukan serta melakukan perekaman bagi warga negara yang belum sempat untuk melakukan perekaman KTP elektronik sebagai syarat melaksanakan pilkada. Hasilnya, tim yang dipimpin oleh Dukcapil ini, berhasil melakukan perekaman melebihi dari 1 juta KTP elektronik dengan sistem perekaman langsung ke lapangan. 

Tim ketiga adalah tim pemantau, yakni tim yang bertugas mencegah praktek pelanggaran Pilkada yang berjalan di masa pandemi. Melalui keberadaan tim ini, Akmal menilai protokol kesehatan khususnya bisa diperketat penerapannya.t

dan terakhir tim keempat adalah tim pemantauan Pilkada yang dikordinir oleh dirinya sendiri sebagai Dirjen Otda. Tim ini bertanggungjawab memantau jalannya Pilkada di seluruh provinsi di Indonesia, yang bergerak ke 32 provinsi se-Indonesia.