Serahkan Bantuan ke Pasaman Barat, Wagub Sumbar Ingatkan Bahaya Corona

Serahkan Bantuan ke Pasaman Barat, Wagub Sumbar Ingatkan Bahaya Corona

Berita Utama TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 20 September 2020 11:33:22 WIB


Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit Nasrul Abit mengingatkan masyarakat Pasaman Barat agar disiplin memakai masker dan mengikuti protokol kesehatan, agar terhindar dari paparan virus corona. Ia mengatakan, kasus virus corona masih tinggi di Sumbar, karena itu masyarakat jangan menganggap remeh wabah ini. Hal tersebut dikatakannya saat melakukan pembagian Alat Pelindung Diri (APD) b, pada Rabu (16/09), dan menyaksikan masih banyak warga yang tidak memakai masker di Pasaman Barat.

Pada kesempatan itu, Wagub Sumbar beserta rombongan membawa bantuan dari Padang menggunakan helikopter BNPB jenis Chinook N303AJ yang di fasilitasi oleh BPBD Sumbar berupa baju Hazmat 3000 pcs, handscoon panjang 5 dus, handscoon non sterl 20 dus dan handscoon sensi 12 dus. Bantuan tersebut diserahkan kepada pemerintah setempat, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman Barat, Yudesri. Adapun bantuan yang diberikan akan dibagikan ke rumah sakit, puskesmas dan masyarakat. Wagub juga menuturkan bahwa bantuan yang diberikan ini gratis, dan APD yang diserahkan bernilai 3 miliar. 

Lebih lanjut, Wagub mengatakan bahwa Pasaman Barat memiliki wilayah yang luas. Oleh sebab itu ia berharap masyarakat mau mematuhi aturan yang dibuat Pemprov Sumbar. Terlebih kini sudah ada Perda Adaptasi Kebiasaan Baru yang memuat sanksi bagi masyarakat yang melanggar protokol kesehatan. Masyarakat yang tidak menggunakan masker di tempat umum bisa dikenakan denda, bahkan ada sanksi kurungan.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Pasaman Barat, Yudesri, yang menyambut rombongan Wagub Sumbar mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas kepedulian Pemprov Sumbar dalam upaya pengendalian penyakit dan wabah ini didaerah, khususnya di Pasaman Barat.