Memanfaatkan Daun Kelor untuk Kesehatan

Artikel Yal Aziz(Tenaga Artikel) 29 Juli 2020 08:18:21 WIB


Oleh Yal Aziz

TERNYATA daun kelor punya begitu banyak manfaat dan khasiat. Bahkan daun kelor juga bisa dijadikan minumna seperti  teh, karena daun kelor  punya kandungan polyphenol yang sangat tinggi.

Kemudian para ilmuwan menyebut Daun Kelor sebagai tanaman ajaib atau “The Mircale Tree”. Kenapa? Karena daun kelor berkhasiat juga untuk mencegah penyakit kanker, yang paling banyak menyerang manusia.

Dari kajian ilmu medis, daun kelr bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi penyebaran sel kanker. Yang jelas manfaat utamanya adalah mematikan sel kanker sejak dini supaya pertumbuhan dan reproduksinya tidak terjadi.

Untuk mendapatkan manfaat dari daun kelor untuk mengatasi alergi, gunakan gagang daun kelor kemudian rebus. Tambah bawang merah, pulasari, juga air. Rebus hingga airnya mendidih kemudian tersisa lebih sedikit. Saring air tersebut lalu rutin lah untuk meminumnya setiap hari. Perlahan tapi pasti, alergi yang diidap akan sembuh.

Selanjutnya daun elor juga bermanfaat untuk mengatasi penyat diabetes yang termasuk penyakit yang menyeramkan karena mampu merenggut nyawa penderitanya. Bahkan bisa diturunkan ke anak cucu. Dalam pembahasan sebuah buku, dengan menggunakan ekstrak daun kelor 150 mg saja mampu membuat diabetes teratasi.

Kini sudah saatnya juga masyarakat memnfaatkan erkarangan rumahnya untuk menanam daun kelor. Bila perlu setiap perkarangan rumah ada tanaman daun kelor. Tujuannya, slain perkarangan terlihat mengijau dengan tanaman, juga bemanaat untuk kesehatan.

Rasanya, penanaman daun kelor ini dijadikan salah satu kegiatan oleh TP PKK dan organisasi wanita lainnya.

Selanjutnya, kita berharap kepada lurah, camat dan walikota, agar menjadikan program bertanam sejuta daun kelor, sebagai program sejuta pohon yang dicanangkan dinas kehutanam dibebagai daerah di Sumatera Barat.

Kemudian, pemerintah Kota Padang, bisa memanfaatkan mahasiswa KKN dari berbagai perguruan tinggi sebagai unjung tombak program sejuta daun kelor untuk kesehatan dan pengobatan.

Untuk masalah biaya atau anggaran, bisa saja melalui dinas pertanian, kehutan atau dinas lingkungan hidup sesuai dengan kebijakan walikota dan bupati. Yang jelas bagi kita ada kegiatan penanaman sejuta daun kelor untuk kesehatan dan keindahan perkarangan rumah masyarakat.

Kemudian, kita n berharap kepada anggota dewan yang terhormat untuk ikut juga menyetujui anggaran pembibitan daun kelor ini. Semoga? (penulis wartawan tabloidbijak.com)