Mencari William Wongso, Gordon Ramsay Belajar Masak Rendang di Sumbar

Mencari William Wongso, Gordon Ramsay Belajar Masak Rendang di Sumbar

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 26 Juni 2020 08:16:21 WIB


Jakarta - Gordon Ramsay eksplor Sumatera Barat untuk syuting Uncharted. Di sana ia belajar masak rendang bersama pakar kuliner Indonesia, William Wongso.

Kunjungan Gordon Ramsay ke Sumatera Barat (Sumbar) pada awal Januari 2020 begitu menarik perhatian. Saat itu tak ada publikasi besar-besaran lantaran Ramsay jalani proses syuting Uncharted untuk tayang di National Geographic.

Hanya saja kedatangannya diketahui dari unggahan-unggahan orang lain yang bertemu dengannya di sana. Juga 'clue' berupa foto gua Ngalau Simarasok yang Ramsay unggah di Instagram Story miliknya.

gordon ramsay di tanah datargordon ramsay di tanah datar Foto: Istimewa

Baca Juga: Kunjungi Tanah Datar, Gordon Ramsay Coba Tradisi Makan Bajamba

Terbaru, National Geographic(24/5) mempromosikan episode Ramsay ke Sumatera Barat akan tayang 29 Juni 2020. Ramsay diketahui belajar memancing udang di gua, mencicipi durian, hingga belajar mengulek bumbu di cobek saat ke pasar tradisional.

Kegiatan lain yang juga menarik perhatian adalah saat Ramsay belajar bikin rendang bersama William Wongso. Dihubungi detikFood (25/5), William menceritakan pengalamannya syuting bersama chef yang terkenal galak pada peserta kompetisi masak ini.

Gordon Ramsay syuting Uncharted di Sumatera BaratGordon Ramsay syuting Uncharted di Sumatera Barat Foto: National Geographic

"Saya diminta mendampingi dia dengan skenario Gordon ke Sumatera Barat, mau bertemu saya belajar bikin rendang. Dia belajar macem-macem, experiencing budaya termasuk budaya makan Sumbar," kata William.

Proses syuting tim National Geographic di Sumbar memakan waktu sekitar dua minggu, sementara Ramsay hanya berada di sana sekitar lima hari. Saat Ramsay belajar masak rendang, William bercerita, "Dia amaze banget dengan komposisi bumbu rendang dan proses masaknya."

Selain rendang, baik William dan Ramsay sama-sama memasak berbagai makanan khas Sumbar lainnya dengan latar belakang ngarai yang cantik. William melanjutkan, "Dia bikin dadiah sebagai dessert, aku masakin udang hasil tangkapan Gordon."

Gordon Ramsay syuting Uncharted di Sumatera BaratGordon Ramsay syuting Uncharted di Sumatera Barat Foto: National Geographic

Mengenai pribadinya, William mengatakan Ramsay adalah sosok yang baik dan rendah hati (humble). "Dia adaptasi ke budaya orang lain. Uncharted memang nggak ada yang glamor. Dia (Ramsay) masuk ke kearifan lokal," lanjut William.

Ramsay juga sempat merasakan tradisi makan bersama khas masyarakat Minangkabau, bajamba. Proses syutingnya berlangsung di Istano Basa Pagaruyung.

"Dia selalu tanya umur saya benar 72 tahun? Setelah itu saya merasa jadi orang tua, digandeng terus (sama Ramsay) saat turun tangga di Pagaruyung. Dia baik banget dan bilang ke saya 'You're my mentor'," pungkas William.