UPDATE : INFO COVID-19 SUMBAR

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 20 Juni 2020 06:46:12 WIB


Padang, Diskominfo SB - Kepala Dinas Kominfo Sumbar selaku Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat sampaikan laporan terkait info COvid-19 Sabtu, 20 Juni 2020 Pukul, 05.00 WIB

Tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso dibawah pimpinan dan penanggungjawabnya Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc, melaporkan bahwa: dari 980 sample swab yang dikirim berbagai rumah sakit di Sumbar (966 pemeriksaan di Lab Fak Kedokteran UNAND dan 14 sample di Baso) terkonfirmasi sample positif sebanyak 3 orang. 14 Sample PCR dari Baso semuanya negatif. 

Yang positif tersebut berasal dari:

1. Kota Padang 1 orang
2. Kota Solok 1 orang
3. Kabupaten Pdg Pariaman 1 orang.

Juga terkonfirmasi adanya pertambahan kesembuhan sebanyak 4 orang. Total yang telah sembuh sampai hari ini adalah 497 orang.

Total sementara warga sumbar positif terinfeksi covid-19 sampai hari ini pada pukul 05.00 WIB adalah 703 orang, dengan rincian:

1. Adanya pertambahan kesembuhan sebanyak 4 orang. Total kesembuhan adalah 497 orang (70,7%). Persentase kesembuhan tertinggi secara nasional. 

2. Meninggal dunia 30 orang (4,27%)

3. Dirawat di Rumah sakit dan Isolasi Mandiri sejumlah 176 orang (25,03%)

Berdasarkan data diatas, kembali kita bersyukur, bahwa angka kesembuhan kita sangat jauh diatas angka kesembuhan nasional dan juga masih merupakan angka kesembuhan tertinggi di Indonesia.

Artinya, selama ini penanganan tracking dan tracing kita telah berada di jalur yang benar dan diharapkan kepada kita semua tetap memberlakukan protokol covid-19 dalam setiap aktivitas.

Kedisiplinan dan kepatuhan menjalan protokol covid-19 adalah kata kunci yang harus kita perhatikan dan kita laksanakan dalam aktivitas sehari-hari. Tanpa kepatuhan dan kedisiplinan kita semua, yakinlah pandemi ini tidak akan berujung.

Untuk keterangan dan rincian lain dan atau jika ada perobahan data, nanti sore akan kami sampaikan secara lengkap.

Jasman Rizal
_Kepala Dinas Kominfo Sumbar selaku Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat_