GUBERNUR RESMI TABUH KEJURNAS ANTAR PPLP CABOR TAEKWONDO, SUMBAR RAIH 3 EMAS 2 PERUNGGU.

Berita Utama () 26 November 2013 04:35:22 WIB


  PADANG,…Hari pertama Kejuaraan Nasional ( Kejurnas ) antar Pusat Pendidikan Latihan Pelajar ( PPLP ) Cabang Olaahraga ( Cabor ) Taekwondo yang ditabuh Gubernur Sumatra Barat Prof.Dr.H Irwan Prayitno,P,Si, M,Si Senin 25/ 11 di Gedung Olahraga HTT jalan Kelenteng Padang, Tim sumbar berhasil menggondol 5 medali, 3 Emas dan 2 Perunggu.

Medali itu masing-masing diraih, Emas oleh Marsito Embrio Under 48 Pa, setelah pada partai final mengalahkan Tegar, taekwondoin Daerah Istimewa Yogyakarta, Sintia Dewi Under 55 Pi, dengan menumbangkan Azharly Rieska dari Banten pada partai puncak dan emas ketiga dipersembahkan Melly Yani Under 44 Pi yang mengubur mimpi Taekwondoin dari Sulawesi Tenggara atas nama Melani.

Sedangkan dua medali perunggu diperoleh melalui, Nanda Under 55 yang dikalahkan oleh Ibrahim dari Riau, dan Rendi Maisaputra Under 68 Pa.

Pada pembukaan itu juga dihadiri Asisten Deputi Drs. Raden Isnanta ,M.Pd, beserta Kabid Sentra Keolahragaan Deputi Pembudayaan Olahraga Kementrian Pemuda dan Olahraga ( Kemenpora ) RI, Adhi Poernomo, Ketua harian PB TI Brigjen Purnawirawan Nurfajari, Kadispora Sumbar H. Priadi Syukur.SH, Ketua umum Pengprov TI Sumbar Drs.Handrianto, Kabid Pembudayaan Olahraga Drs, Rafli Effendi, SE, dan Kasi Olahraga Pendidikan Dispora Sumbar Elvis Martin S.Pd serta pejabat lainnya.

Dalam sambutannya Gubernur mengatakan, selama mengikuti Kejurnas peserta agar dapat menikmati Sumatra Barat disemua sisi, baik pelayannan, makanan dan keindahan alamnya yang terkenal, selain itu Gubernur juga mengingatkan, pada para atlet/ pelajar, pelatih dan official agar tetap mengedepankan nilai- nilai jujur, adil dan sportif selama menjalani pertandingan, untuk meraih prestasi di lefel Nasional.

“Kejurnas ini agar dijadikan sebagai media meraih predikat sebagai atlet Nasional, untuk berlaga di level regional maupun Internasional,’’ Kata Irwan Prayitno.

Asdep Isnanta menekankan, Dispora Provinsi dalam perekrutan atlet agar berkoordinasi dan bekerjasama dengan Pengprov TI Daerah masing-masing, agar dalam pemilihan bibit-bibit atlet tersebut dapat maksimal hasilnya.

Dikatakan juga olahraga di level pendidikan mempunyai posisi penting untuk membina atlet- atlet berkualitas, seperti yang ada sekarang setengah dari cabor SEAGAME belum ada yang masuk dalam pembinaan PPLP, sementara PPLP merupakan penyanggah untuk melahirkan atlet Nasional yang mampu bersaing di level internasional, dan hasil Kejurnas ini merupakan tolak ukur keberhasilan PPLP dalam pembinaan atlet/ Pelajar,’’ urainya.

Ketua harian PB TI Nurfajari menyatakan, Kejurnas ini mempunyai nilai strategis, karena ajang ini merupakan bentuk nyata dalam mempersiapkan atlet handal taekwondo, untuk membela Indonesia di even Internasional,’’ tututnya.

Sedangkan Kadispora Sumatra Barat Priadi Syukur melaporkan, Tujuan digelarnya Kejurnas ini adalah, untuk mengevaluasi program latihan yang direncanakan maising-masing PPLP se- Indonesia , dan Kejurnas PPLP TI Tahun 2013 ini sangat relevan dengan rencana strategis Provinsi Sumatra Barat di Bidang Olahraga dalam menghasilkan bibit-bibit atlet potensial yang akan dibina secara berkesinambungan dalam meraih prestasi yang lebih baik di POPNAS, PORWIL dan PON.

“Kejurnas ini berlansung dari 23 sampai 28 November dengan jumlah peserta 141 orang yang berasal dari 16 Provinsi,’’ terang Priadi Syukur. (MUL/ IS )