CINTAI KARYA ANAK NAGARI

Artikel Zakiah(Tenaga Artikel) 05 November 2019 06:52:54 WIB


CINTAI KARYA ANAK NAGARI

Gunakanlah produk kerajinan kita pada setiap kegiatan kemasyarakatan, pesan ini disampaikan oleh Hj.Nevi Zuairina Irwan Prayitno selaku Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat (yang sekarang juga anggota DPR RI dari Komisi VI), pada kegiatan Minangkabau Heritage.

Kata beliau,produk kerajinan kita sangat bernilai karena hand made. Handmade menunjukkan kualitas yang sangat baik pada produk kerajinan kita. Akan ada perbedaan antara produk dengan mesin dan tangan. Kepada para pelaku UMKM dihimbau untuk jangan mudah  putus asa karena tidak semua orang bisa menghasilkan produk seperti ini. 

Minangkabau Heritage, yang dilaksanakan tanggal 4 sampai 5 Oktober 2019 yang lalu di Provinsi Bali, merupakan kegiatan yang menampilkan fashion show, juga diadakan workshop tari dan musik, ini salah satu momen saat talk show mengenai kerajinan, kuliner dan pariwisata, serta pameran hasil kerajinan dari berbagai kabupaten/kota se-Sumatera Barat melalui instansi terkait.

Pengunjung bisa melihat, serta membeli sekaligus memborong semuanya untuk dikomsumsi atau bisa sebagai oleh-oleh baik kuliner maupun kerajinan yang ada di Sumatera Barat.

Kehadiran Minangkabau Heritage yang merupakan hasil kerjasama Dekranasda Provinsi Sumatera Barat dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Pariwisata di Bali dapat meningkatkan gairah ekonomi kreatif potensi daerah kita di Sumatera Barat.

Dekranasda Provinsi Sumatera Barat selalu berupaya memajukan dan meningkatkan gairah ekonomi kreatif potensi daerah, salah satunya mengadakan berbagai kegiatan untuk mendukung kemajuan industri kerajinan dan fesyen lokal.

Minangkabau Heritage menjadi inovasi dan salah satu upaya Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat dan didukung oleh Mediatama Binakreasi Event Organizer.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan, melestarikan dan mengembangkan seni kerajinan Provinsi Sumatera Barat, dengan mengangkat kekayaan dan keunikan ragam hias, Songket, Batik Minang dan Tenun yang dimiliki Sumatera Barat agar lebih dikenal dan bahkan menjadi warisan dari keberagaman warisan budaya dunia.

Semoga event ini dapat diadakan dalam skala yang lebih besar lagi, Sehingga meningkatkan nilai perekonomian pengrajin serta UKM Sumatera Barat, khususnya dibidang industri kerajinan dan fesyen lokal. Aamiin .

Kita dukung kreatifitas Anak Nagari.

Ayo Bapak/Ibu Dunsanak Kasadonyo, Kita Cintai Karya Anak Nagari.