Bantu Pengungsi Minang, Gubernur Sumbar Himbau Warga Salurkan Bantuan

Bantu Pengungsi Minang, Gubernur Sumbar Himbau Warga Salurkan Bantuan

Berita Utama TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 30 September 2019 15:06:43 WIB


Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, menghimbau masyarakat Sumbar untuk bersama sama membantu rencana kepulangan sebagian besar perantau Minang yang kini masih mengungsi di posko posko pengungsian baik di Wamena maupun di Jayapura. Ia menambahkan, untuk mendistribusikan bantuan masyarakat, pemprov Sumbar telah membuka rekening Bank Nagari dengan nomor rekening 2101.0210.07340-3 atas nama Sumbar Peduli Sesama.

Menurutnya, kepedulian warga Sumbar terhadap kondisi saudara saudaranya yang sebagian besar masih berada di posko posko pengungsian sangat dibutuhkan, mengingat biaya untuk pemulangan para perantau Minang tersebut cukup besar. Ia juga menambahkan bahwa penggalangan dana telah dimulai dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) pemprov Sumbar, yang diharapkan diikuti juga oleh ASN di kabupaten/kota, maupun oleh semua masyarakat Sumbar yang ada di kampung maupun di rantau.

Berdasarkan data sementara,  ada sekitar 327 kepala keluarga perantau di Wamena yang ingin pulang ke Sumbar. Dengan estimasi tiga orang per keluarga, ada 900 orang lebih yang harus dibantu kepulangannya. Jika harga tiket pesawat dari Papua-Padang sekitar 5 juta rupiah per orang, setidaknya dibutuhkan anggaran sekitar 4,5 miliar rupiah untuk membantu pemulangan perantau tersebut.

Meski kondisi keamanan di Wamena berangsur membaik, nasib para perantau Minang di Wamena saat ini masih memprihatinkan. Berdasarkan kunjungan Wagub Sumbar ke Papua beberapa hari lalu, diperoleh data bahwa sebagian besar perantau Minang khususnya wanita dan anak-anak masih bertahan di tenda-tenda pengungsian. Umumnya warga masih merasa trauma untuk kembali ke tempat tinggal mereka dan memilih bertahan di posko pengungsian yang ada.