Konsumsi Premium Jelang Lebaran Capai 47 Persen

Berita Utama TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 31 Mei 2019 09:16:11 WIB


Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I meningkatkan penyaluran distribusi bahan bakar minyak jenis premium di provinsi itu dari 1,01 juta liter per hari menjadi 1,5 juta liter per harinya

Sabtu (25/05), Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina MOR I Roby Hervindo mengatakan lonjakan konsumsi bahan bakar premium mengalami peningkatan sebesar 47 persen dibandingkan hari normal.

Hal itu dilakukan untuk mencukupi kebutuhan premium di daerah tersebut. Ia mengatakan kenaikan konsumsi bahan bakar minyak sudah diprediksi sejak awal Mei 2019. Selain itu pihaknya mencatat kenaikan penyaluran premium di wilayah Kota Padang sebesar 42 persen dari sebesar 240 ribu liter per hari menjadi 420 ribu liter per harinya

Sementara konsumsi biosolar di Kota Padang mengalami penurunan tiga persen dibanding konsumsi normal yakni dari 186.000 liter per hari menjadi 180.000 per liter.

Penurunan ini karena pada saat libur mudik kendaraan angkutan barang tidak beroperasi kecuali angkutan bahan makanan, bahan bakar, transportasi dan lainnya.

Pertamina juga mengantisipasi kenaikan konsumsi BBM dengan menyiagakan Terminal BBM (TBBM) dan armada mobil tangki. Menurut dia BBM yang tersedia di TBBM Teluk Kabung Sumbar mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sampai 15 hari ke depan.

Pertaminan juga menyiapkan 184 armada mobil tangki berikut 19 unit tambahan untuk distribusi ke SPBU. Selain itu kami menyiapkan dua SPBU kantong di Kabupaten Agam dan Lima Puluh Koto.

Sementara itu, tim Satgas Ramadhan dan Idul Fitri (Rafi) melakukan pemeriksaan kesiapan SPBU di Kota Padang dalam penyaluran dan pelayanan kepada konsumen dalam bulan Ramadhan 1440 Hijriah. Tim bertugas memeriksa kelancaran penyaluran dan kualitas BBM, akurasi dispenser serta layanan lain sepertj mushola dan toilet.

Sales Executive Retail Pertamina Andi Arifin mengatakan, pemeriksaan dilakukan secara berkala setiap minggu dan sejauh ini sembilan SPBU di wilayah kota Padang telah dikunjungi. Hasil pemeriksaan secara umum kami temukan cukup baik namun ada instruksi kepada SPBU untuk perbaikan pada beberapa hal.