Wagub Sumbar: Inovasi Penting dalam Peningkatan Daya Saing Daerah

Wagub Sumbar: Inovasi Penting dalam Peningkatan Daya Saing Daerah

Berita Utama Desi Marlinda(Diskominfo) 08 Mei 2019 12:47:44 WIB


Padang, InfoPublik - Wakil Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit mengatakan, perdagangan bebas menuntut kemampuan daya saing, khususnya dalam menentukan eksistensi dan kemajuan suatu daerah.

"Dengan daya saing yang tinggi, diyakini peluang suatu daerah untuk maju dan berkembang akan semakin terbuka luas," kata Nasrul Abit, dalam sambutannya pada pembukaan Rapat Koordinasi litbang Provinsi Sumatra Barat di Hotel Mercure Padang, Kamis (2/5/2019).

Menurut dia, inovasi adalah salah satu aspek yang dapat mendorong daya saing daerah. "Karena itu optimalkan inovasi terkait tata kelola pemerintahan daerah dan pelayanan publik sesuai kewenangan yang dimiliki,” ujarnya.

Selain itu Wagub juga menyampaikan harapannya agar peningkatan daya saing daerah lebih difokuskan pada potensi yang dimiliki daerah. “Peningkatan produktivitas dan pendapatan masyarakat tentu berkaitan erat dengan kesejahteraan masyarakat nantinya,” ungkap Nasrul.

Pada akhir sambutannya Nasrul menyatakan, agar rakor kelitbangan ini dapat menyinergikan hasil-hasil riset yang dilaksanakan baik oleh perguruan tinggi, lembaga penelitian dan Balitbang Sumbar untuk membantu pemerintah daerah mencarikan solusi terhadap permasalahan yang ditemui dalam pelaksanaan program-program pembangunan melalui rekomendasi kebijakan.

Rakor yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Prov. Sumbar kali ini menggusung tema, Peran Inovasi, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Peningkatan Daya Saing Daerah.

Hadir sebagai narasumber, Kepala Pusat Penelitian Inovasi Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri, Kepala Bidang Inkubasi Teknologi Pusat Pemanfaatan dan Inovasi LIPI dan Ketua LPPM Unand, serta diikuti oleh sejumlah perwakilan OPD di lingkungan provinsi dan kab/kota se-Sumatera Barat. (LH/WPH/ MMC)