6 Hal Sumber Petaka di Jalan Raya yang tak Disadari

Artikel Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika(Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika) 07 September 2013 02:34:28 WIB


Mungkin banyak pengalaman yang kita alami selama berkendara di jalan raya. Terkadang kita miris melihat berbagai perilaku pengendara di jalan raya. Baginya mungkin tidak masalah, tetapi hal itu bisa menjadi masalah bagi pengguna jalan yang lain. Ada beberapa hal kecil yang tidak disadari pelakunya, tetapi hal ini sangat membahayakan pengguna jalan yang lain.

  1. Pakaian pembonceng yang menutupi lampu kendaraan. Hal ini sepele dan saya sangat sering melihatnya. Tanpa disadari oleh pelakunya, apa yang terjadi ini adalah sangat membahayakan pengendara yang di belakangnya, karena apa bila ia mengerem atau menyalakan lampu belok tidak akan terlihat pengendara di belakangnya.
  2. Naik kendaraan yang terlalu pelan di jalan raya. Keinginannya mungkin untuk berhati-hati, tetapi hal ini sangat membahayakan dirinya dan orang lain. Hal ini dikarenakan akan menghambat laju kendaraan yang ada di belakangnya. Memang tidak harus kencang sekali, tetapi kita berkendaraa di jalan raya harus mampu menyesuaikan rata-rata kecepatan pengendara yang lain.
  3. Keluar dari gang tidak berhenti dan tidak menengok kiri – kanan. Jika yang bersangkutan akan menyeberang tidak akan menjadi masalah. Hal inilah yang membuat khawatir terhadap pengguna jalan raya yang searah. Maka sebaiknya jika kita keluar dari gang harus berhenti dan menengok kiri dan kanan walaupun keadaan sepi.
  4. Sign ke kanan malah belok kiri dulu. Hal ini terjadi jika yang bersangkutan biasanya akan menyeberang dan membelok kekanan. Banyak kita jumpai pengendara yang telah menghidupkan sign ke kanan tetapi ia malah belok dulu ke kiri (walaupun mungkin tujuannya untuk melihat kiri dan kanan dulu) tetapi hal ini sangat membahayakan kedua belah pihak. Jika kita akan belok ke kanan sebaiknya 100 m sebelum belokan kita sudah ambil posisi ke kanan sedikit demi sedikit dan menghidupkan lampu sign, lalu kita berhenti di tengah jalan sambil menunggu lalulintas dari arah berlawanan. Walaupun kita tidak tengok belakang dulu dijamin dech pasti aman.
  5. Mengganti tutup stop lamp dengan warna bening.  Yang jelas akibat penggantian tutup stop lamp ini tidak pernah dirasakan oleh sang empunya. Tetapi bagi pengendara yang di belakangnya, hal ini sangat menyilaukan sekali, apalagi jika di malam hari.
  6. Spatboard belakang yang dipotong. Walaupun tidak membahayakan secara langsung bagi orang lain, tetapi hal ini sangat mengganggu pengendaraa yang ada di belakangnya. Hal ini dapat dirasakan pada saat hujan / gerimis, pengendara yang ada dibelakangnya akan terkena cipratan dari putaran roda belakang, sehingga sangat mengganggu.

Mungkin itulah, enam hal yang tidak disadari oleh seorang pengendara tetapi sangat membahayakan bagi pengendara yang lain. Selain hal itu tentu saja banyak hal yang harus dipatuhi dan dihindari oleh pengendara kendaraan bermotor.