Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Dinkes Sumbar Datangi Masyarakat

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Dinkes Sumbar Datangi Masyarakat

Berita Utama Desi Marlinda(Diskominfo) 29 Maret 2019 07:49:05 WIB


Sioban Mentawai, InfoPublik - Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatra Barat melakukan pengobatan gratis di Sioban, Kecamatan Sipora Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Selasa (26/3).

Pengobatan yang dilakukan sekaligus berkaitan dengan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 di Kepulauan Mentawai.

Pengobatan yang dilakukan di Sioban sebanyak 336 pasien, yang di antaranya penyakit dalam, umum dan mata. Kemudian di SMPN 1 Sipora dan Puskesmas khusus pemeriksaan mata ada 275 pasien yang diperiksa.

Kepala Dinkes Provinsi Sumbar Merry Yuliesday mengatakan, pengobatan yang dilakukan di Sioban merupakan kegiatan pelayanan langsung menemui masyarakat yang berada jauh dari Puskesmas atau Rumah Sakit, maka timnya turun langsung bersama dengan 5 dokter spesialis, yaitu, 1 dokter spesialis mata, dan 4 dokter spesialis dasar.

“Kita melakukan pengobatan kepada masyarakat yang jauh dari Rumah Sakit atau tempat pengobatan, kita ke sana melakukan ini, melihat masyarakat jauh datang ke Tuapejat untuk berobat, belum lagi biaya transportasinya, meskipun pengobatannya gratis, tapi biaya ke sini mahal,” kata Merry.

Ia menyampaikan sebelumnya juga sudah dilakukan pelayanan ke daerah pedalaman, seperti di Madobag, Rogdok dan sebagainya, guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Tak hanya itu, ia menyebutkan ibu-ibu terbiasa melahirkan sendirian tanpa pertolongan dari pihak medis, bukan hanya Mentawai namun juga daerah lain seperti Pasaman Barat dan Solok Selatan.

“Intinya kita melakukan semua ini untuk mendekatkan pelayanan ke masyarakat,” ungkapnya. (PemkabMentawai/YN/ MMC Diskominfo)