Tingkatkan Pengawasan Tata Kelola Informasi, BSSN Gelar Raker

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 11 Maret 2019 08:54:48 WIB


Sebagai upaya meningkatkan pengawasan penyelenggaraan tata kelola keamanan informasi dan persandian di lingkungan pemerintah daerah, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menggelar Rapat Kerja (Raker) Keamanan Informasi Instansi Pemerintah.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Mercure Ancol Jakarta, 4 hingga 5 Maret tersebut dibuka oleh Kasubdit Layanan Keamanan Informasi Direktorat Proteksi Pemerintah BSSN, Rizkal dan dihadiri pejabat pengelola persandian provinsi seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya Rizkal mengatakan bahwa pelaksanaan raker ini sebagai bentuk berkesinambungan program dan kegiatan audit keamanan informasi untuk seluruh Pemerintah Daerah pada tahun 2018 kemarin. 

“Direktorat Proteksi Pemerintah telah mengadakan audit keamanan informasi yang terdiri dari audit persandian dan audit keamanan informasi menggunakan tools indeks kami,” katanya.

Hasil pelaksanaan audit keamanan informasi berupa rekomendasi berdasarkan hasil temuan dengan harapan akan ditindaklanjuti untuk perbaikan penyelenggaraan keamanan informasi dan persandian di daerah.

Ditemui terpisah Kepala Diskominfo Sumbar diwakili Kabid Pengelolaan E-Goverment dan TIK, Widya Prima Hatta, mengatakan bahwa dalam konteks pengamanan informasi di lingkungan Pemprov Sumbar masih terdapat sejumlah kekurangan yang terus diupayakan penyempurnaannya.

“Beberapa hal yang terus kita matangkan antara lain penyusunan program kerja yang mengacu pada sistem manajemen keamanan informasi, pengkaderan SDM dengan kualifikasi ahli sandi serta mengoptimalkan pembinaan ke kab/kota,” jelas Widya.