Pentingnya Persatuan Untuk Cegah Disintegrasi Bangsa

Pentingnya Persatuan Untuk Cegah Disintegrasi Bangsa

Berita Utama TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 27 Februari 2019 12:50:34 WIB


Persatuan merupakan senjata ampuh bagi bangsa Indonesia dalam merebut, mempertahankan maupun mengisi kemerdekaan. Persatuan berarti bersatunya bermacam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi. 

Meski begitu, persatuan bangsa Indonesia yang saat ini dirasakan terjadi berada dalam dinamika yang terus bertumbuh dari berbagai unsur sosial budaya masyarakat Indonesia yang telah ditempa dalam waktu yang cukup lama. Unsur unsur itu diantaranya, sifat kekeluargaan dan jiwa gotong royong, yang merupaan sifat sifat pokok bangsa Indonesia yang didasari oleh asas kemanusiaan dan kebudayaan.

Masuknya kebudayaan dari luar yang terjadi melalui proses akulturasi atau percampuran kebudayaan, perlu diseleksi oleh bangsa Indonesia. Hal ini juga mendorong terwujudnya persatuan bangsa yang mendorong pada pengamalan prinsip prinsip yang berhubungan dengan arti dan makna persatuan dan kesatuan Indonesia, diantaranya Bhineka Tunggal Ika, nasionalisme, kebebasan yang bertanggung jawab, wawasan nusantara dan pembangunan untuk mewujudkan cita cita reformasi.

Kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa merupakan modal utama menghindari disintegrasi bangsa. Dikarunia kemajemukan yang terhampar dari Sabang hingga Merauke, bangsa ini mesti memahami pula cara mengelola keragaman untuk terus menjaga terwujudnya persatuan. 

Semboyan Bhineka Tunggal Ika memiliki makna sesuai dengan keberagaman masyarakat Indoensia yang tak hanya beraneka ragam agama, suku, ras, budaya dan gender. Bangsa ini kini juga ian beragam dalam cara berpikir, berpendapat, berorganisasi, berpolitik dan lainnya.

Apabila persatuan mampu dikelola dan dirawat dengan baik, maka semangat mengisi kemerdekaan dengan hal hal yang positif juga akan bisa dilakukan dengan baik.