Car Free Day, Upaya Kurangi Ketergantungan Pada Kendaraan Bermotor

Car Free Day, Upaya Kurangi Ketergantungan Pada Kendaraan Bermotor

Berita Utama TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 22 Januari 2019 09:19:28 WIB


Minggu (20/01), berlangsung acara Car Free Day (CFD) di sepanjang jalur Khatib Sulaiman. Acara ini dibuka oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, dan turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah dan jajaran Forkopimda maupun Kepala SKPD.

Acara ini diikuti oleh ribuan orang dan turut diramaikan oleh beberapa stand pelayahan kesehatan yang dibuka oleh beberapa rumah sakit, seperti RS Hermina Padang, dan RS Bunda BMC Padang dan lainnya.

Dimulai pada 20 Januari 2018,  program CFD kedepannya akan dilakukan setiap hari Minggu, mulai pukul 06.00 -sampai 10.00 WIB, dengan pengalihan arus dari jalan Khatib Sulaiman. Adapun lokasi CFD ini hanya di sepanjang jalur Khatib Sulaiman, mulai dari depan Masjid Raya Sumbar sampai ke depan RM Lamun Ombak.

Program ini sangat bagus untuk diterapkan di Padang. Dalam rapat persiapan gelaran CFD yang dilakukan di Istana Gubernur, 15 Januari lalu, Gubernur Sumbar mengatakan bahwa dengan digelarnya CFD, masyarakat dapat melakukan aktivitas pagi hari pada akhir pekan dengan santai. 

Teknis gelaran CFD dikoordinasikan oleh Kepala Dispora Sumbar, Adib Alfikri, bersama jajarannya dan stakeholder terkait. Lebih jauh, CFD diharapkan dapat menjadi gaya hidup dan mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor.