Menyorot Pelayanan TNKB(Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) Sepeda Motor

Menyorot Pelayanan TNKB(Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) Sepeda Motor

Berita Utama () 18 Juli 2016 08:09:40 WIB


Oktober, 148 Ribu TNKB Diserahkan

Sejumlah pemilik kendaraan bermotor di Sumbar mengaku waswas tiap kali ada razia. Pasalnya, Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) belum keluar. Namun Direktorat Lalulintas Polda Sumbar menjanjikan bulan Oktober mendatang 148 ribu TNKB akan diserahkan kepada pemilik kendaraan bermotor. 

Roni, warga Lubukbuaya mengatakan, akhir-akhir ini hampir tiap hari polisi razia di sejumlah titik di Padang. Karena tidak ada TNKB motor, ia khawatir juga kena tilang. Bukan ia tak mengurusnya tapi TNKB tersebut belum keluar.

Direktorat Lalulintas Polda Sumbar memastikan TNKB untuk 148 ribu kendaraan bermotor diserahkan Oktober mendatang. Rencana pemberian TNKB tersebut, dipastikan setelah proses lelang dilakukan Korlantas Polri.

Kasi STNK Direktorat Lalulintas Polda Sumbar, Kompol Yusep Dwi Prasetya mengatakan, tunggakan TNKB dari 2014 sampai 2015 ini akan diberikan pada Oktober nanti. Namun, untuk TNKB tahun ini akan diberikan setelah proses lelang selanjutnya.

“Jadi kita kendalanya di Korlantas. Kalau proses lelang sudah selesai, TNKB bisa didistribusikan ke seluruh daerah di Indonesia,” katanya.

Dia juga mengatakan, sesuai dengan Telegram Rahasia (TR) Korlantas Polri, dilarang polantas melakukan penindakan dengan kesalahan TNKB. TR ini telah disebarkan di seluruh satuan lalulintas di Sumbar agar jangan menindak pengendara sepeda motor bila tidak ada TNKB.

“Kami ingatkan kepada masyarakat agar jangan cemas, apabila tidak memakai TNKB. Asalkan kita melengkapi peraturan lalu lintas seperti memakai helm, bawa STNK, dan SIM petugas tidak menindak dengan kesalahan tidak memakai TNKB,” ujarnya.

Selain itu, untuk TNKB kendaraan roda empat tidak ada permasalahan. Sebab semuanya sudah diberikan kepada pemilik kendaraan. “Jadi apabila pengendara roda empat beralasan tidak memakai TNKB karena belum keluar, itu cuma alasannya dia saja,” katanya.

Yusep Dwi Prasetya meminta maaf kepada seluruh pemilik kendaraan bermotor yang ada di Sumbar, terkait belum diterimanya TNKB.

“Kami meminta maaf sebesar-besarnya kepada pemilik kendaraan bermotor karena belum memilikik TNKBnya. Mudah-mudahan Oktober mendatang, utang-utang kita kepada masyarakat bisa dilunasi,” harapnya. (*)

sumber:http://dpkd.sumbarprov.go.id/berita/read/741-menyorot-pelayanan-tnkbtanda-nomor-kendaraan-bermotor-sepeda-motor.html