50 PEMUDA IKUTI KEGIATAN POLITIK CERDAS BERINTEGRITAS

50 PEMUDA IKUTI KEGIATAN POLITIK CERDAS BERINTEGRITAS

Berita Utama () 16 Desember 2018 17:11:59 WIB


BUKITTINGGI, SP...50 Pemuda ikuti kegiatan Politik Cerdas Berintergritas (PCB), 13 sampai 18 Desember di Hotel Pusako Bukittinggi. Kegiatan tersebut dibuka Gubernur Sumatera Barat Prof. Irwan Prayitno.

Dalam arahannya Gubernur saat membuka sekaligus sebagai keynote speaker pada kegiatan itu mencontohkan, bermimpi itu boleh tetapi harus menjalani proses. Begitu pula kalau ingin menjadi pemimpin harus melalui proses “ politik “,.

“Untuk menjadi bupati, walikota, gubernur dan presiden atau menjadi pemimpin bangsa di semua tingkatan pada umumnya melalui proses politik,” ujar Gubernur.

Lebih jauh gubernur mengatakan, pembelajaran politik yang bersih sangat penting, apalagi bagi pemuda , karena bagaimanapun pemuda merupakan penerus kelangsungan bangsa yang akan menjadi pemimpin dimasa datang.

“Politik itu tidak kotor yang kotor itu orangnya, untuk itu pemuda hari ini agar dapat belajar berpolitik yang bersih, sehingga nanti mampu mengubah pandangan buruk terhadap politik. Jangan pula pemuda itu terjerumus dalam politik yang kotor,” ujar Irwan.  

Fungsional satgas politik Dikyanmas KPK David Sepriwasa, dalam sambutannya menyampaikan, 35 % tangkapan KPK berasal dari politisi, karena itu PCB merupakan kegiatan positif bagi pemuda untuk belajar politik bersih yang berintegritas.

“ didunia politik pemuda mempunyai masadepan yang cerah, karena pada usia 21 sudah dapat mendaftar menjadi anggota DPR, karena itu pemuda jangan sampai terkikis moralnya, agar kehidupan berbangsa dapat berjalan dengan baik, rencana aksi boleh, cerdas penting tetapi harus berintergritas,’’ tegas David.   

Penitia pelaksana Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Sumbar, Adib Alfikri dalam laporanya menerangkan, kegitan ini bertujuan untuk memberi pengetahuan dan keterampilan dasar untuk menjadi politisi cerdas dan berintegritas kepada kader-kader organisasi muda dalam mempersiapkan diri bergabung dalam partai politik di daerah masing-masing.

“Kita berharap pemuda yang mengikuti kegiatan ini dapat menjadi politisi yang bersih untuk membangun politik Indonesia yang bermatabat dan anti korupsi,” kata Adib.

Dia menambahkan, kegiatan ini diikuti 50 orang yang berasal dari pengurus BEM Universitas atau perguruan tinggi se-Sumatera Barat.

“ narasumber pada kegiatan ini berasal dari KPK RI, Dispora Sumbar, KPU, BPK, Bundo Kanduang, DPRD dan narasumber daerah,” urai Adib.

Lebih lanjut Adib menuturkan, materi yang diberikan dalam kegiatan ini adalah, etika, integritas dan korupsi, demograsi, sistem pemilu dan kepartaian, akuntabilitas sosial, politik dan korupsi, ekonomi politik dan korupsi, pengelolaan komplik kepentingan, korupsi dalam perspektif premanisme serta komunikasi politik dan penguatan jejaring.

“ Kegiatan ini akan dilaksanakan dalam beberapa tahapan, tingkat dasar (Pratama) dilanjutkan ketingkat Madya dan tingkat utama, untuk itu diharapkan peserta agar dapat mempersiapkan diri untuk bersaing dipilih mengikuti ketingkat yang lebih tinggi,” terang Adib.  ( Mul )