GERAKAN HATINYA PKK

Artikel Zakiah(Tenaga Artikel) 02 November 2018 16:18:31 WIB


GERAKAN HATINYA PKK
Gerakan HATINYA PKK adalah singkatan dari Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman bersama Tim Penggerak PKK. Ini merupakan salah satu program unggulan dari Kelompok Kerja (POKJA III)  PKK seluruh Indonesia. Dimana melalui program ini Tim Penggerak PKK membina kader PKK serta masyarakat untuk dapat bergerak memanfaatkan halaman pekarangan rumahnya masing-masing,walaupun kecil dan minimalis, untuk diolah, diatur sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarganya. Disamping juga ditata menjadi cantik, asri dan menyejukkan mata dengan bunga dan tanaman hijau lainnya. 
Salah satu pemanfaatan pekarangan, diantaranya Kebun Gizi Keluarga dengan Buah dan Sayur, Apotik Hidup dengan Tanaman Obat Tradisional, Warung Hidup dengan aneka bumbu dan rempah serta Tanaman pelindung/Tanaman Keras.
Penataan Halaman juga diperhatikan dengan menata sarana Pembuangan limbah rumah tangga, sehingga tidak terdapat genangan di halaman rumah yang dapat menjadi sumber penularan penyakit. Serta penataan halaman dengan aneka tanaman hias, gar menimbulkan kesan ASRI pada rumah tersebut, dan memelihara kebersihan, keindahan serta kenyamanan lingkungan.
Melalui gerakan Hatinya PKK kita harapkan masyarakat dapat secara sadar mengelola pekarangan atau halaman rumahnya agar asri, teratur sehingga terlihat indah dan menciptakan kenyamanan bagi penghuninya. 
Mari Kita  manfaatkan lahan pekarangan semaksimal mungkin melalui Hatinya PKK dengan mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan melalui pendekatan terpadu berbagai jenis tanaman,  ternak dan ikan akan menjamin ketersediaan bahan pangan yang beranekaragam secara terus menerus guna pemenuhan gizi keluarga dan dapat memberikan sumbangan pendapatan bagi keluarga.