SBY MERESMIKAN JEMBATAN KELOK 9

Berita Utama Admin Satpol PP(Satuan Polisi Pamong Praja) 31 Oktober 2013 05:19:45 WIB


Kedatangan Presiden Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) merupakan suatu momentum bagi Provinsi Sumatera Barat dalam mempromosikan wisata Alam Minang Kabau, dalam kunjungannya ke Jembatan Kelok 9 Rabu kemarin di kabupaten 50 Kota Provinsi Sumatera Barat yang hari ini akan diresmikan oleh Presiden SBY yang merupakan hasil karya anak bangsa. Dalam kunjungannya, Presiden mengagumi paduan struktur jembatan yang dengan lembah yang terletak di kawasan hutan suaka alam tersebut. "Indah sekali," kata Presiden, begitu menjejakkan kaki di Jembatan kelok 9.

Kehadiran jembatan Kelok 9 yang menghubungkan rute Payakumbuh - Pekanbaru dapat dijadikan sebagai monumen keindahan infrastruktur Sumatera Barat sekaligus akan menjadi panorama indah bagi para penguna jalan yang melewati Kelok 9 tersebut. "Posisi jembatan Kelok 9 yang indah ini berada di tengah-tengah antara hutan lindung dan hutan observasi dengan pemandangan keindahan Alam Minang dapat menjadikan Jembatan Kelok 9 salah satu monumen bagi Provinsi Sumatera Barat dalam sektor transportasi.

Dalam kesempatan tersebut Presiden SBY bersama rombongan sangat mengagumi keindahan jembatan Kelok 9 yang merupakan salah satu mahakarya anak bangsa yang patut dijadikan icon Sumatera Barat, selain Gubernur Sumatera Barat dalam rombongan presiden hadir juga 12 menteri kabinet Indonesia Bersatu II, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Djoko Murjanto, Dirjen Cipta Karya Imam Santoso Ernawi, Kepala Pusat Komunikasi Publik Danis H Sumadilaga, Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah II Maruasas dan Kepala Satker Jembatan Kelok 9, Dahler, Bupati / Walikota se Sumatera Barat.

Jembatan Layang Kelok 9 dibangun enam jembatan yang panjangnya mencapai 943 meter dengan panjang jalan 2.089 km yang menghabiskan biaya APBN sekitar 602.554.669.900,- Pada peresmian Jembatan laying Kelok 9 tersebut Presiden SBY menyempatkan berdo’a agar Jembatan Kelok 9 membawa berkah bagi bangsa Indonesia khususnya masyarakat Minang.