Baby Boomers dan Milenial di Sukuk Tabungan

Artikel () 30 November 2018 05:20:47 WIB


Penjualan sukuk tabungan atau dikenal dengan kode ST-002 melampaui target. ST-002 terserap 4,94 triliun rupiah. Ini artinya terjadi oversubscribed 2,9 kali. Yang cukup menarik, jumlah pembeli milenial untuk ST-002 ini adalah 44,61%  dari total 16.477 yaitu 7.350. sementara investor baby boomer yang kelahiran 1946-1964 berperan sebagai kontributor volume terbesar. Nilai yang dibeli  2,25 triliun atau 45,44% dari volume pembelian.

Sistem penjualan online memang mampu menarik generasi milenial untuk mendapatkan ST-002 dengan mudah. Apalagi imbalannya sebesar minimal 8,3%. Artinya bisa lebih tinggi lagi. Dan bisa dibeli dengan nominal mulai satu juta rupiah saja. Dari investor yang ada, yang membeli ST-002 di rentang 1 sampai 100 juta rupiah adalah sebesar 59,55%. 

Dengan adanya kemudahan membeli mulai satu juta rupiah, ST-002 dianggap mampu menarik investor muda, yang memang masih memiliki penghasilan tidak tinggi, tapi tertarik untuk investasi. 

Bagi masyarakat, ST-002 bisa dijadikan sebagai instrumen investasi mereka. Jika sebelumnya ada yang menjadikan deposito sebagai instrumen investasi, maka ST-002 bisa dijadikan alternatif atau penambah portofolio investasi. ST-002 juga bisa menjadi pilihan bagi masyarakat yang selama ini cenderung menjadikan emas sebagai instrumen investasi.

Dibandingkan deposito berprinsip syariah, ST-002 lebih kompetitif. Karena imbalan ST-002 angkanya tetap. Berbeda dengan deposito yang melihat perolehan total dari bank lalu diberikan kepada nasabah berdasarkan nisbah yang ada. Berdasarkan pengamatan saya sendiri, margin deposito dari nisbah bank setahun terakhir ini angka nominalnya justru lebih banyak di posisi rendah dibanding margin atau imbal hasil ST-002. 

Keberadaan kelompok atau generasi Baby Boomers dan Milenial dalam pembelian ST-002 menjelaskan bahwa orang yang sudah cukup umur dengan rasionalitasnya berinvestasi di pilihan yang tepat karena imbal hasilnya yang bagus. Sedangkan di sisi lain, orang-orang muda sudah mulai menjadikan ST-002 sebagai pilihan investasi yang menjanjikan. 

Ini adalah sebuah fakta yang menggembirakan, di tengah munculnya berbagai ajakan untuk investasi di tempat yang masih abu-abu. Karena yang lebih menonjol adalah iming-iming yang tidak rasional dan berpotensi merugikan atau mungkin berbau penipuan. 

Pilihan Baby Boomers dan Milenial terhadap ST-002 juga sebagai bentuk kepercayaan kepada pemerintah yang merupakan pihak yang menjamin investasi mereka. Semoga hal ini bisa ditiru masyarakat banyak yang mungkin masih bingung mau menempatkan dananya untuk diinvestasikan. (efs)

Referensi: Harian Kontan, 28 November 2018