Pemetaan Potensi Konflik Di Daerah, Upaya Preventif Tingkatkan Keamanan Lingkungan

Berita Utama TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 24 September 2018 14:55:46 WIB


Bertempat di Tua Pejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, pada hari Selasa (12/09), Badan Kesbangpol Prov. Sumbar menyelenggarakan verifikasi dan pemetaan potensi konflik di kabupaten/kota se- Sumbar. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Badan Kesbangpol Prov. Sumbar, Nazwir, SH, M.Hum, didampingi oleh Kepala Bidang Kewaspadaan, Arsland, S.Sos, M.Hum.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Badan/Kantor/Bagian dan pejabat yang membidangi penanganan konflik di kabupaten/kota. Verifikasi data potensi konflik berlangsung dengan antusiasme yang tinggi dari para pejabat kesbangpol di kabupaten/kota. Masing masing kabupaten/kota yang hadir memaparkan potensi konflik yang terjadi maupun progres konflik yang telah dalam penanganan oleh pihak pihak yang berwenang.

Verifikasi dan pemetaan potensi konflik di daerah ini sangat penting dilakukan mengingat hal ini merupakan hal mendasar dalam hal pengambilan kebijakan dalam menindaklanjuti potensi potensi konflik yang ada.

Terutama jelang pemilu 2019 yang akan dilangsungkan April tahun mendatang, Badan Kesbangpol Provinsi Sumbar bersama pihak pihak terkait akan secara intensif melakukan pemetaan tingkat kerawanan di kabupaten/kota, untuk dapat menjaga kondusivitas daerah pada tahun tahun politik ini.

Dalam kesempatan ini, Kepala Badan Kesbangpol Sumbar juga menekankan bahwa pencegahan konflik merupakan ikon tugas Kesbangpol yang mesti dilaksanakan secara maksimal. Masing masing daerah diharapkan mampu melakukan pemetaan dan pengklasifikasian potensi konflik serta melakukan langkah langkah preventif agar potensi yang ada tidak meluas menjadi konflik.