DPRD Sumbar Dorong Pemerintah Gandeng Perguruan Tinggi Untuk Kemajuan Daerah

DPRD Sumbar Dorong Pemerintah Gandeng Perguruan Tinggi Untuk Kemajuan Daerah

Berita Utama DENY SURYANI, S.IP(Sekretariat DPRD Prov. Sumbar) 21 Februari 2018 23:32:56 WIB


PADANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat mendorong pemerintah daerah menggandeng kalangan perguruan tinggi untuk mencari konsep kerjasama demi kemajuan daerah. Banyak program yang bisa dikerjasamakan dengan perguruan tinggi sehingga pelaksanaannya lebih tepat dan terarah.


Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim menerima Rektor Universitas Taman Siswa (Unitas), Dr Ediwirman beserta jajaran rektorat Unitas, Rabu (21/2) mengungkapkan, Sumatera Barat memiliki banyak perguruan tinggi dengan berbagai jurusan yang bisa bersinergi dengan program pembangunan daerah.


“Dengan menggandeng perguruan tinggi melalui kerjasama, konsep pembangunan daerah dapat terprogram dengan baik,” kata Hendra.


Dia menambahkan, dengan memiliki banyak perguruan tinggi menjadi sebuah keuntungan bagi Provinsi Sumatera Barat serta pemerintah kabupaten dan kota. Melalui sebuah formulasi kerjasama, pemprov dan pemkab atau pemko bisa memanfaatkan keberadaan perguruan tinggi dalam mendorong percepatan program pembangunan di daerah masing-masing.


“Keberadaan perguruan tinggi ini menjadi peluang yang mestinya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh kepala daerah,” lanjutnya.


Menurutnya, perguruan tinggi memiliki berbagai program studi dan jurusan seperti pertanian, peternakan, perikanan, pariwisata dan sebagainya. Melalui sebuah kerjasama, program pembangunan pemerintah daerah dapat memanfaatkan teknologi terapan yang dimiliki perguruan tinggi untuk menyusun konsep pembangunan.


Hendra menyatakan, akan sangat mendukung kerja sama yang dibangun oleh pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten dan kota untuk menerapkan teknologi dan memanfaatkan sumber daya manusia di perguruan tinggi dalam menyusun konsep pembangunan daerah.


Sementara itu Rektor Tamsis, Dr Ediwirman, SP. MP pada kesempatan itu sangat berharap agar perguruan tinggi bisa diikutkan dalam kontribusi keilmuan bagi daerah.


Rektor Unitas Dr Ediwirman dalam pertemuan tersebut mengungkapkan, Unitas memiliki belasan doktor dengan berbagai disiplin ilmu yang bisa diberdayakan oleh pemerintah daerah. Pihaknya siap menjalin kerjasama guna menerapkan ilmu dan teknologi yang dimiliki serta memasukkan pemikiran-pemikiran konstruktif untuk membangun daerah.


“Sampai kini memang Unitas telah menjalin kerjasama dengan beberapa daerah kabupaten dan kota serta pemerintah provinsi, namun masih dalam skala kecil. Ke depan, kami siap menjalin kerjasama dalam skala lebih besar dan lebih luas lagi,” ujarnya. *publikasi.(dprd.sumbarprov.go.id)