Bimtek Budaya Kerja Dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat

Kepegawaian () 16 Desember 2014 01:57:04 WIB


Bimtek Budaya Kerja

Dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat, yang diwakili oleh Kepala Biro Organisasi Onzukrisno, SH,M.Si membuka secara resmi acara Bimbingan Teknis Optimalisasi Peningkatan Budaya Kerja Aparatur di lingkungan Pemerintah Prov. Sumbar pada hari Kamis tanggal 20 November 2014 yang bertempat di Auditorium Gubernuran Sumbar. Acara bimtek tersebut berlangsung selama 1 hari yang dimulai dari pagi hingga sorenya, dan diikuti oleh 50 orang peserta dari Dinas, Badan/Lemtekda, Biro dan 4 Rumah Sakit Milik Pemda Sumbar.

Dalam sambutannya Sekda mengatakan budaya kerja ini merupakan amanat dari Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand design Reformasi Tahun 2010-2025 dan Road map Reformasi Birokrasi Tahun 2010-2025, sehingga pada tahun 2025 diharapkan Indonesia berada pada fase yang benar-benar bergerak menuju negara maju yang mewujudkan pemerintahan kelas dunia yang diharapkan mampu menghadapi tantangan pada abad ke 21 melalui tata pemerintahan yang baik. Untuk mencapai apa yang diharapkan tersebut, diperlukan upaya yang luar biasa untuk menata ulang proses birokrasi dan aparaturnya, sehingga diperlukan suatu paradigma yang memberikan kemungkinan ditemukannya terobosan baru, disamping itu juga diperlukan perubahan pola pikir atau budaya kerja.

Kegiatan Bimtek tersebut bertujuan untuk membangun dan menumbuhkembangkan kultur birokrasi yang transparan, akuntabel, bersih dan bertanggungjawab dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat selaku abdi masyarakat dan abdi negara yang menjadi ujung tombak pelayanan publik (public service) sehingga diharapkan akan memberikan pelayanan terbaik.

Kegiatan ini merupakan amanat dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Permenpan Nomor 39 tahun 2012 tentang Pengembangan Budaya Kerja yang menjadi pedoman dan acuan bagi Kementerian / Lembaga Negara dan Pemerintah Propinsi dan Kabupaten/ Kota

Adapun materi yang disampaikan pada kegiatan bimtek tersebut adalah berkaitan erat dengan budaya kerja, antara lain :

  • Kebijakan Budaya Kerja yang disampaikan M.YusufKurniawan, SH, MM (dari Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi)
  • Peningkatan Pelayanan Publik Dalam Kerangka Reformasi Birokrasi oleh Onzukrisno, SH, M.Si )
  • Peningkatan Budaya Kerja Aparatur Dalam rangka Reformasi Birokrasi Pelayanan Publik di lingkungan Pemerintah Prop. Sumbar oleh Dr. Asrinaldi, M.Si ( Dosen FISIP Unand Padang)
  • Budaya Kerja Aparatur oleh Jon Lizar, SH, M.Si ( BKD Prop. Sumbar)
  • Budaya Kerja Organisasi Pemerintah oleh H. Rosman Effendi, SE, SH,MM ( Kepala Badan Diklat Prop. Sumbar )

 

Thema yang diangkat pada bimtek tersebut adalah „ Melalui Bimtek Budaya Kerja Kita Kembangkan Pola Pikir dan Perilaku Yang Berorientasi Pada Hasil Yang Diperoleh dari Produktifitas Kerja dan Kinerja Yang Tinggi.”