KPHL Sijunjung dan Pengendalian Perubahan Iklim

Kehutanan () 31 Januari 2018 17:53:16 WIB


Salah satu UPTD Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat yaitu KPHL Sijunjung Unit 5 diundang dalam acara Festifal Iklim Tahun 2018 yang diselenggaran oleh Direktorat Jendral Pengendalian Perubahan Iklim – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kegiatan ini diselenggarakan di Ruangan Rimbawan 3B Gedung Manggala Wanabakti Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Dalam acara ini, Bapak Slamet Riyadi Selaku Koordinator UPTD KPHL Sijunjung diminta menjadi Narasumber, dalam kesempatan tersebut menyampaikan Paparan dengan tema Upaya KPHL Sijunjung dalam Mendukung Pengendalian Perubahan Iklim.

Koordinator KPHL Sijunjung menyapaikan beberapa poin tentang dukungan terhadap perubahan iklim, KPHL Sijunjung memiliki wilayah kelola hutan seluas lebih kurang 130.871,1 hektar yang terdiri dari Hutan Lindung dan Hutan Produksi serta Hutan Produksi Terbatas. Komitmen KPHL Sijunjung dalam mendukung perubahan iklim ini dapat dilihat dengan kegiatan-kegiatan nyata untuk mengurangi lahan kritis, pengamanan dan perlindungan hutan, pengembangan hasil hutan bukan kayu, pemberdayaan masyarakat sekitar kawasan hutan serta peningkatan akses masyarakat terhadap sumberdaya hutan secara legal melalui fasilitas perhutanan sosial.

Sampai saat ini KPHL Sijunjung telah mengusulkan lebih kurang 47.000 hektar (dari target Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera seluas 50.000 Hektar) kawasan hutan untuk menjadi areal Perhutanan Sosial, berupa Hutan Desa dan Hutan Kemasyarakatan serta Hutan Tanaman Rakyat.