REALISASI PAJAK SAMSAT DHARMASRAYA LEBIHI TARGET

REALISASI PAJAK SAMSAT DHARMASRAYA LEBIHI TARGET

Berita Utama () 13 Oktober 2017 09:56:33 WIB


DHARMASRAYA,- Realisasi pencapaian pendapatan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) di Samsat Kabupaten Dharmasraya hingga akhir September ini melebihi target yang ditetapkan. Dari target yang diluncurkan sebesar Rp14 miliar lebih untuk PKB terealisasi sebesar Rp15,3 miliar lebih atau sebesar 108,6 persen dan untuk BBNKB yang ditargetkan Rp258,9 juta terealisasi sebesar Rp309,2 juta atau 119,4 persen.

"Faktor-faktor yang mempengaruhi meningkatnya penerimaan ini diantaranya karena pelayanan yang solit pada wajib pajak, tingkat perekonomian masyarakat yang membaik, pelayanan terhadap wajib pajak yang cepat," ujar Kepala UPT Pelayanan Pendapatan Provinsi Sumbar di Dharmasraya, Rahmad, Rabu (11/10) di Sungai Dareh.

Dikatakannya, tercapainya target diatas angka yang ditetapkan juga dipengaruhi oleh dilaksanakannya samsat keliling selama ini ke balai-balai di seluruh nagari sehingga masyarakat yang berbelanja ke pasar dapat langsung membayar pajaknya.
Agenda samsat keliling dilakukan untuk minggu pertama dan minggu kedua dilaksanakan satu kali dalam sebulan, lokasinya yaitu di Ampalu pada Selasa, Koto Baru pada hari Rabu, Sitiung Blok B pada hari Kamis, Sungai Rumbai setiap Jumat, Sialang Gaung hari Sabtu dan Sitiung IV blok B pada hari Sabtu.

Terkait peningkatan pelayanan pada wajib pajak, untuk peningkatan pelayanan dan penyelesaian administrasi sesuai aturan yang harus dilaksanakan oleh pegawai negeri karena tidak ada unsur staf yang pegawai negeri dari provinsi, berkat kerjasama yang baik dengan pemda Dharmasraya telah mempekerjakan pegawai negeri unsur staf yang profesional sesuai kebutuhan di Samsat Dharmasraya.