MENGHADAPI RASA TAKUT MENGENDARAI MOTOR

Artikel Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika(Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika) 26 Agustus 2013 19:52:13 WIB


Rasa takut adalah salah satu hal yang sangat manusiawi dan selalu dimiliki oleh seluruh makhluk hidup ciptaan Tuhan, termasuk manusia pastinya. Tapi satu hal yang patut dipahami adalah sejauh mana kita bisa menghadapi rasa takut tersebut agar bisa terus melangkah maju.

Hal ini juga berlaku bagi seorang calon pengendara motor yang seringkali disebut sebagai pemula. Rasa takut yang muncul ketika berada di atas motor adalah hal yang wajar. Sulit menggambarkan perasaan takut dalam bentuk kata-kata. Tapi biasanya, ketika rasa takut itu muncul, beberapa pertanyaan mulai muncul di dalam benak Anda.

Bagaimana jika saya jatuh di tengah-tengah keramaian yang pastinya sangat memalukan? Bagaimana rasanya jika salah satu baja/besi pada motor ini menghantam saya? Apakah ini (mengendarai motor) keputusan yang tepat? Apa saya betul-betul menikmati berkendara motor? Dan sebagainya. Itulah mungkin beberapa pertanyaan yang bisa muncul ketika Anda pertama kali belajar mengendarai motor.

Setiap pengendara motor memiliki karakter berbeda. Tapi biasanya, perasaan tidak nyaman dari rasa takut itu justru akan membuat keterampilan Anda menurun. Belajar mengendarai motor tidak harus cepat, melainkan perlahan tapi mantap. Setiap pengalaman berkendara baru, seperti mengendarai motor di kala hujan, macet, pegunungan/bukit yang berkelok-kelok, akan membuat Anda semakin percaya diri dan mahir mengendarai motor.

Sebagai pemula, sebaiknya selalu menggunakan sebagian besar keterampilan kognitif untuk mengoperasikan motor. Tapi yang jelas, selalu utamakan safety riding agar keamanan berkendara tidak hanya dirasakan oleh diri sendiri, tapi juga oleh orang lain. Selamat belajar mengendarai motor.

Upayakan untuk melatih kemampuan Anda mengendarai sepeda motor dari orang-orang yang terlatih, atau lembaga resmi yang menyediakan jasa pelatihan mengendarai sepeda motor dengan prinsip safety riding yang baik. Selain itu, jangan terlalu percaya diri untuk mengendarai sepeda motor sendiri di jalan raya. Ditemani dengan seorang teman yang lebih berpengalaman akan membantu Anda meningkatkan kemampuan mengendarai si kuda besi.