PELATIHAN PENIGKATAN USAHA PERHUTANAN SOSIAL SUMBAR

Berita Utama () 20 Desember 2016 10:10:45 WIB


Padang, Dalam rangka meningkatkan pengembangan Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PHBM) di Provinsi Sumatera Barat, Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat mengadakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Usaha Perhutanan Sosial. Kegiatan berlangsung selama dua hari tanggal 5-6 Desember 2016 bertempat di Edotel Padang yang dibuka langsung Kadinas Kehutanan Provinsi Sumbar Ir Hendri Octavia MSi.

Pelatihan diikuti 50 orang peserta dari 12 Pengurus Lembaga Pengelola Hutan Nagari, Hutan Kemasyarakatan pada 4 Kabupaten masing-masing Kabupaten Padang Pariaman, Solok, Sijunjung dan Solok Selatan. Selama Pelatihan kepada peserta diberikan materi tentang jenis-jenis usaha dan kegiatan yang bisa dikembangkan pada perhutanan sosial dari beberapa nara sumber dari SKPD terkait di Provinsi Sumatera Barat seperti Dinas Kehutanan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pekerbunan, Dinas Kelautan dan Perikanan.

Disamping itu, juga ada nara sumber dari Tenaga Ahli dari LSM Latin Bogor tentang pengembangan produk-produk usaha HHBK serta strategi bisnis dan pemasaran dalam perhutanan sosial. Kadinas Kehutanan Sumbar berharapkan dengan adanya pelatihan ini, diminta kepada setiap pengelola perhutanan sosial di Sumbar sudah saat berpikir dan merancang perencanaan usaha yang bisa dikelola dengan baik dalam rangka menggerakan kegiatan kelompoknya. Untuk perlu dilakukan identifikasi dan inventarisasi potensi yang ada dilokasi, lakukan musyawarah dan minta pendampingan apabila diperlukan, kata Kadinas didampingi Ketua Pelaksana Yonefis Kabid RHL Dinas Kehutanan.( Y2).