BPBD Sumbar di Tahun 2016 ini Telah Memiliki Ratusan Armada Bencana

BPBD Sumbar di Tahun 2016 ini Telah Memiliki Ratusan Armada Bencana

Badan Penanggulangan Bencana Daerah HERA ARMAN, ST(Badan Penanggulangan Bencana Daerah) 01 November 2016 15:00:44 WIB


Sumatera Barat selama kurun waktu 9 tahun semenjak mulai berdirinya BPBD, telah berangsur-angsur memiliki ratusan armada penanggulangan bencana yang merupakan hibah dari BNPB. Adapun jenis armada ini merupakan kendaraan darat dan kendaraan laut yang berfungsi untuk operasional bagi personil, evakuasi dan pelayanan darurat bencana. Dari data yang dihimpun oleh bidang peralatan dan logistik BPBD Provinsi Sumatera Barat sebanyak 227 unit kendaraan yang tersebar di 19 kabupaten dan kota termasuk provinsi diantaranya 11 unit armada jenis darat dan 11 unit jenis armada laut.

Dalam upaya kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan penguatan secara intens terhadap daerah. Namun demikian BNPB juga melihat kemampuan daerah yang diberikan fasilitas tersebut apakah mampu merawat, menjaga serta memanfaatkan dengan benar armada yang diberikan tersebut.

Setiap tahunnya BNPB juga melakukan monitoring dan evaluasi terhadap daerah terkait pemberian hibah peralatan ini. Banyak daerah yang kemudian dikarenakan adanya pengurangan anggaran untuk perawatan peralatan dan kendaraan, BNPB terpaksa akan memprioritaskan kepada daerah lainnya yang lebih siap. Beruntunglah Sumatera Barat hingga di tahun 2016 ini BNPB masih memberikan perhatiannya dan telah memiliki berbagai fasilitas peralatan dan armada yang memadai yang bisa dimanfaatkan secara benar untuk kebutuhan kebencanaan.

Berikut ini daftar armada yang telah dimiliki BPBD se Sumatera Barat bantuan dari BNPB. (SILAHKAN LIHAT DISINI)

(Gst)