Inilah Atraksi Akbar di Pertunjukan Dalam Festival Pesona Budaya Minangkabau Tanah Datar

Inilah Atraksi Akbar di Pertunjukan Dalam Festival Pesona Budaya Minangkabau Tanah Datar

Pariwisata () 27 Oktober 2016 09:24:01 WIB


TANAH DATAR - Dengan semakin dekatnya pelaksanaan Festival Pesona Budaya Minangkabau maka Senin (17/10/2016) Bupati Irdinansyah Tarmizi, Kadisbudparpora Marwan beserta Kepala Pelestarian Cagar Budaya Sumbar, Riau, Jambi Nurmatias mengelar Jumpa Pers dengan awak media bertempat di Aula Gedung Cagar Budaya Pagaruyung.

Melibatkan awak media yang ada di harapkan penyelenggara dapat menciptakan "Gaung" besar gelaran acara Festival yang kurang seminggu lagi akan di mulai. Pada kesempatan itu Bupati menyatakan kesiapan seluruh elemen untuk menyelenggarakan Alek Gadang yang akan menjadi agenda tetap pada tahun tahun berikutnya.

"Dalam Festival Pesona Budaya Minangkabau yang seluruh gelaran Aleknya di selenggarakan mulai tanggal 23 sampai 29 Oktober 2016 nanti, berbagai kegiatan seperti Pameran Matrilineal, Pacu Kudo, Pacu Jawi, pertunjukan Tari Kolosal, Karnaval,Pemutran film minangkabau lewat bioskop keliling, Festival Randai, Tradisi Makan Bajamba, Keroncong minang, Debus, Pertunjukan Silat Silih Berganti, Seminar Budaya, Dialog Interaktif mengenai Adat Budaya Minang dan kegiatan pendamping Pagaruyung Expo akan kita tampilkan, " sampai Irdinansyah.

Keistimewaan Pesona Budaya kali ini juga di sampaikan Bupati yaitu selama tanggal 27 sampai 29 Oktober nanti setiap pengunjung di harapkan memakai pakaian adat Minangkabau, dan bagi pengunjung yang mengunakan pakaian adat maka akan digratiskan masuk dalam Istana Basa Pagaruyung saat acara berlangsung.

Di tambahkan Bupati dari seluruh rangkaian kegiatan dan acara akan di kemas se-apik mungkin hingga dapat memperkenalkan Tradisi dan kekayaan Budaya Minangkabau secara utuh ke seluruh masyarakat, tamu, wisatawan, serta para undangan yang akan hadir.

"Di rencanakan pada tanggal 27 Oktober Nanti Mentri Pariwisata akan membuka secara khusus gelaran Festival ini, dan perlu di ingat semua kegiatan Festival di usahakan untuk menampilkan pertunjukan terbaik, termasuk Pameran Matrilineal yang akan melibatkan 16 Satuan Kerja di beberapa Provinsi di Indonesia, " ujar Bupati.

Nurmatias kepala Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumbar, Riau, Jambi yang menjadi penanggung jawab penyelenggaraan Pameran Matrilineal merencanakan akan menampilkan benda benda bersejarah Minang dan Indonesia.

"Dalam Pameran Matrilineal nanti kami akan bekerja sama di antaranya dengan Museum Aditiawarman, Balai Pelestarian Nilai Budaya di Padang, mendatangkan Benda-benda dari Balai Arkeologi Medan, Museum Presiden Bogor, Balai Pelestarian Cagar Budaya Gorontalo, Balai Pelestarian Cagar Budaya Bali, Balai Manusia Purba Sangiran, Badan Konservasi Candi Borobudur Jawa Tengah dan Samarinda, " ujar Nurmatias.

Nurmatias juga menyatakan bahwa dari rencana awal 16 Satuan kerja yang akan ikut dalam Pameran Matrilineal ini yang telah mengkonfirmasi keikut sertaannya ada 11 satuan kerja, dan 5 satker lagi masih menunggu jawaban.

Menurutnya pada kesempatan Pameran Matrilineal nanti akan dilaksanakan Deklarasi Cagar Budaya Minang, terhadap beberapa benda benda bersejarah peninggalan Minangkabau.