Penyerahan Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tk Prov Pada Peringatan PPS ke-36

Penyerahan Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tk Prov Pada Peringatan PPS ke-36

Berita Utama Jojon(Biro Humas) 14 Oktober 2016 12:53:12 WIB


Solok,----Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyerahkan Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara dan Penghargaan Ketahanan Pangan pada Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-36 Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2016 yang diselenggarakan di Terminal Bareh Solok, Solok, Kamis (13/10) kemaren.

Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara yang diserahkan oleh dikelompokkan ke dalam 5 kategori, yakni, Kategori Pembina Ketahanan Pangan, Kategori Pelayanan Ketahanan Pangan, Kategori Pelopor Ketahanan Pangan, Kategori Pemangku Ketahanan Pangan, dan Kategori Pelaku Pembangunan Ketahanan Pangan.

Pada Kategori Pembina Ketahanan Pangan Tingkat Pemerintah Kabupaten/Kota, Pemerintah Kota Padang berhasil meraih Peringkat I, diikuti oleh Pemerintah Kota Sawahlunto dan Pemerintah Kabupaten Padang-Pariaman berurutan sebagai Peringkat II dan III.

Sedangkan di Tingkat Nagari, Peringkat I diberikan kepada Pemerintah Nagari (Pemnag) Sungai Pulai Kecamatan Silaut Kabupaten Pesisir Selatan diikuti dengan pemberian penghargaan kepada Pemerintah VI Suku Kec. Lubuk Sikarah Kota Solok dan Pemnag Kandang Baru Kec. Sijunjung Kab. Sijunjung berurutan sebagai Peringkat II dan III.

Sementara itu, Penghargaan Ketahanan Pangan yang diberikan kepada Bupati/Walikota yang berhasil meningkatkan produksi padi di daerahnya hingga di atas 5% diberikan kepada Bupati Sijunjung, Bupati Mentawai, Walikota Padang Panjang, dan Walikota Sawahlunto.

Sedangkan untuk peningkatan produksi jagung hingga di atas 5%, penghargaan diberikan kepada Bupati Pasaman, Bupati Tanah Datar, Bupati Agam, Bupati Pesisir Selatan, dan Bupati Solok Selatan.

Peringatan HPS ke-36 Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang di lingkungan internasionalnya mengusung tema 'Cimate is Changing, Food and Agriculture Must Too' ini akan selenggarakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 13 s.d 15 Oktober 2016 dengan harapan dapat meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat dan stakeholder terhadap pentingnya penyediaan pangan yang cukup dan bergizi baik bagi masyarakat Indonesia maupun dunia; dapat memperkuat kerjasama dan membangun koordinasi yang efektif yang melibatkan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat dalam rangka menjaga ketahanan dan mempertahankan ketahanan pangan nasional; dapat menstimulasi dan memotivasi stakeholder untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan dan penyebaran teknologi yang efektif dan efisien untuk meningkatkan produksi pangan; dan, dapat menjadi ajang promosi dan edukasi ketahanan dan kemandirian pangan bagi masyarakat.

Selama tiga hari pelaksanaannya, HPS akan diisi dengan rangkaian kegiatan, antara lain; 1. Penyerahan Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tingkat Provinsi; 2. Penyerahan Penghargaan Produksi Padi dan Jagung di atas 5%. 3. Pameran ketahanan pangan yang diikuti oleh SKPD Lingkup Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Sumbar serta Bazar UKM yang ada di Kota Solok; 4. Pameran dan Lomba Tanaman Hias yang diikuti oleh kelompok-kelompok tanaman hias Kab/Kota se-Sumatera Barat; 5. Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman Berbasis Sumber Daya Lokal yang diikuti oleh Tim Penggerak PKK Kab/Kota se-Sumatera Barat; 6. Demo Masak Asal Ikan; 7. Talkshow Keamanan Pangan yang diikuti oleh para guru serta murid sekolah mulai SD sampai SLTA se-Kota Solok. ***