PENGKAJIAN PENGEMUDI BERKESELAMATAN

Artikel Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika(Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika) 29 Juni 2013 14:37:52 WIB


Permasalahan yang mengemuka

  1. 1.Tingginya angka kecelakaan yang berujung dengan korban jiwa akibat kecelakaan dijalan. Data kecelakaan lalulintas yang selalu meningkat tiap tahun menunjukan perlunya dilakukan kajian terhadap pengemudi yang berkeselamatan sebagai bagian dari pemecahan kompleksitas masalah di bidang lalulintas jalan.
  2. 2.Berbagai kasus kecelakaan menunjukan bahwa penyebab dari kecelakaan merupakan akibat dari kesalahan pengemudi dalam menjalankan kendaraannya dalam ruang lalulintas,yang menjadi indikasi para pengemudi tidak mampu melaksanakan tugas berdasarkan prinsip-prinsip mengemudi yang benar.
  3. 3.Lembaga Pelatihan dan Pendidikan Mengemudi tidak cukup banyak menyumbang atau belum secara kuat berorientasi pada pengembangan kompetensi pengemudi.
  4. 4.Fungsi serta keterbatasan komponen-komponen vital kendaraan belum diketahui secara meluas.

Undang-undang lalulintas dan angkutan jalan yang belum mempunyai ketentuan peraturan yang berada di bawahnya yang mengsinkronisasikan berbagai keputusan dari berbagai peran pembuat ketentuan.