Wagub Nasrul Abit : Kabupaten/ Kota di Sumbar Mesti Dorong Pembangunan Hunian Hotel Untuk Wisatawan

Wagub Nasrul Abit : Kabupaten/ Kota di Sumbar Mesti Dorong Pembangunan Hunian Hotel Untuk Wisatawan

Berita Utama Bagian Penerangan(Biro Humas Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat) 13 September 2016 20:43:15 WIB


Sumatera Barat, Pemerintah kabupaten/kota di Sumbar diminta serius menyediakan lahan untuk pembangunan hotel jika ingin meningkatkan kunjungan wisata di daerahnya. Permintaan itu diungkapkan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, menyikapi meningkatnya kunjungan wisata serta  penghunian kamar di Sumbar.

“Grafik kunjungan wisata dan hunian kamar meningkat terus. Tapi masih terfokus di Padang dan Bukitinggi karena dua daerah itu yang ada hotel berbintang. Harusnya daerah sekitarnya jeli melihat potensi ini dan harus ikut berebut wisatawan dengan menyediakan infrastruktur berupa hotel,” ungkap Nasrul Abit pada awak media di ruang kerjanya, Selasa (13/9/2016).

Menurut Nasrul Abit, jika daerah ingin mendapat pemasukan yang besar dari sektor pariwisata, infrastruktur harus disediakan, seperti akses jalan, hingga hotel. Setidaknya di satu destinasi wisata di daerah harus berdiri satu hotel yang nyaman. Namun diakui, kendala di daerah yakni sulit menyediakan tanah. Untuk itu, Nasrul Abit berkomitmen, bagi daerah yang bisa menyediakan lahan, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan membantu mencarikan investor.

“Pembangunan hotel mulai bergerak di Sumatera Barat namun belum di seluruh daerah.  Solok, Tanah Datar, tahun ini mulai dibangun. Kita harapkan daerah lain menyusul. Kami siap bantu mengundang dan menawarkan pada investor jika lahan tersedia. Selain itu, master plan pariwisata di daerah tersebut juga harus selesai disusun,” jelasnya.

Sementara itu, berdasar data Badan Pusat Statistik Sumatera Barat pada bulan Juli 2016, jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Sumatera Barat melalui Bandara Internasional Minangkabau dan Pelabuhan Teluk Bayur bulan Juli mencapai 4.094 orang, mengalami peningkatan 94,58 persen dibanding Juni  yang tercatat sebanyak 2.104 orang. Kenaikan juga terjadi pada penghunian kamar hotel berbintang di Sumatera Barat pada bulan Juli dengan rata-rata 49,23 persen, sedangkan bulan Juni sebesar 40,23 persen.