Gubernur Irwan Prayitno Ikut Melakukan Peletakan Batu Pertama Pembanguan Masjid Raya Tanjung Bonai

Gubernur Irwan Prayitno Ikut Melakukan Peletakan Batu Pertama Pembanguan Masjid Raya Tanjung Bonai

Berita Utama Bagian Penerangan(Biro Humas Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat) 06 September 2016 21:29:04 WIB


Lintau Buo, Dalam hari kedua kunjungan kerja Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Hj. Mufidah Jusuf Kalla di Sumatera Barat, di Tanjung Bonai Wapres Jusuf Kalla melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Raya Tanjung Bonai, Gubernur Irwan Prayitno juga ikut serta , Selasa (6/9/2016).
 
 
Hadir dalam kesempatan itu Ketua DPR RI Irman Gusman, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Gubernur Irwan Prayitno, Bupati Irdinansyah serta tokoh-tokoh perantau minang.
 
Ketua Panitia Kunjungan Kabupaten Tanah Datar, sekaligus Sekdakab Hardiman menjelaskan, " pelatakan batu pertama  bangunan Masjid Raya Tanjung Bonai, masyarakat Tanjung Bonai menginginkan memiliki masjid  yang lebih respentatif, karena banguan masjid ini sudah terlalu lama dirasa perlu memperbaiki agar jemaah lebih khusuk lagi dalam beribadah" terangnya
 
Masjid Raya Tanjung Bonai yang berada di jalan utama Lintau-Payakumbuh, dalam pembangunan ini diperkirakan akan menghabiskan anggaran sebesar Rp6,9 miliar.
 
Masjid Raya Nagari Tanjung Bonai saat ini kondisinya dikhawatirkan sudah mulai membahayakan jamaah dalam melaksanakan ibadah. Oleh sebab itu timbul pemikiran untuk mengganti bangunan masjid lama dengan bangunan masjid baru yang lebih luas, kokoh dan indah dengan tetap mengadopsi arsitektur bangunan lama.
 
Hardiman juga menegaskan ini murni keinginan kuat dari segala lapisan masyrakat Tanjung Bonai baik yang berada di kampung halaman maupun di perantauan untuk membangun Masjid Raya Tanjung Bonai yang baru adalah untuk menampung masyarakat shalat Jumat dan shalat Ied.
 
Untuk mewujudkan keinginan tersebut dibutuhkan uluran tangan dan kerjasama dari berbagai pihak para dermawan, saudagar, pedagang, karyawan dan pejabat untuk memberikan bantuan dalam bentuk Zakat, Infaq dan Sodaqoh, himbaunya.