Gubernur : Polda Sumbar Diusulkan Menjadi Tipe A

Gubernur : Polda Sumbar Diusulkan Menjadi Tipe A

Berita Utama Jojon(Biro Humas) 28 Agustus 2016 19:08:11 WIB


Padang, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama Kapolda, Brigjen Polisi Basarudin, SH. MH, melakukan persiapan menyambut kedatangan Kapolri, Jenderal Polisi Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D di Bandara Internasional Minangkabau.

“Gubernur bersama Kapolda membahas pengajuan pengusulan ke Kapolri untuk menjadikan Tipologi Polda Sumbar menjadi tipe A dari sebelumnya tipe B,” kata Irwan Prayitno Minggu (28/8) yang juga didampingi Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni.

Dikatakannya, ada beberapa alasan pengajuan tersebut, antara lain, pertama, Polda Sumbar adalah Polda tertua di pulau Sumatera, dibentuk tanggal 21 Agustus 1945, diprakarsai oleh 4 orang perwira paling senior di Sumatera masa itu, yaitu Kaharoeddin Dt. Rangkayo Basa, Soelaiman Effendi, Raden Soelaiman, dan Ahmadin Dt. Berbangso.

Kedua, Sumatera Barat adalah wilayah rawan bencana, seperti gempa bumi, longsor, banjir dan lain-lain. Ketiga, jumlah penduduk terus meningkat, saat ini tercatat 5,6 juta jiwa penduduk yang bermukim di Sumbar, dan 1,6 juta jiwa yang ada di perantauan.

Keempat, gangguan trantibmas setiap tahun selama 3 tahun terakhir cenderung meningkat, baik kualitas maupun kuantitasnya.Kelima, jumlah personil yang tersedia saat ini sebanyak 10.671 dan sudah memadai untuk mendukung kelancaran operasional dengan 19 Polres/Ta.

Terakhir, sudah terdapat kantor atau aset pemerintah daerah, obyek vital, sumber perekonomian, dan aset strategis lainnya, serta merupakan tujuan nasional dan internasional.

“ Semoga Kapolri dapat memenuhi harapan kami ini, sehingga langkah gerak Pemerintah Provinsi dan Polda Sumatera Barat akan semakin strategis dengan sumber daya yang lebih mumpuni,” harapan Gubernur. (By/Alrifjon)