Seminar Umum Gratis Mengenal Stroke dan Fibrilasi Atrium

Seminar Umum Gratis Mengenal Stroke dan Fibrilasi Atrium

Berita Utama Jojon(Biro Humas) 30 Juli 2016 11:14:27 WIB


Padang, Stroke merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Guna menginformasikan hal tersebut kepada masyarakat, PERKI Sumbar bekerja sama dengan fakultas kedokteran UNAND mengadakan seminar umum gratis Fibrilasi atrium dan stroke.

Fibrilasi Atrium (FA) merupakan bentuk gangguan irama jantung, yang sering disebut aritmia, yang paling umum ditemui di duniai. Ketidakteraturan denyut jantung (aritmia) yang berbahaya ini menyebabkan ruang atas jantung (atrium), bergetar dan tidak berdenyut sebagaimana mestinya, sehingga darah tidak terpompa sepenuhnya, yang pada gilirannya dapat menyebabkan pengumpulan dan penggumpalan darah.

Gumpalan ini dapat terbawa sampai ke otak, menyumbat pembuluh arteri, dan mengganggu pasokan darah ke otak. Situasi ini seringkali menjadi awal dari serangan stroke yang gawat dan mematikan. FA meningkatkan kemungkinan terjadinya serangan stroke iskemik (stroke akibat penyumbatan pembuluh darah) yang berpotensi melumpuhkan bahkan mematikan.

Sementara, penyebab utama FA yang sering ditemukan antara lain adalah tekanan darah tinggi, cacat pada katup jantung, penyakit jantung rematik, dan diabetes. Faktor makanan dan gaya hidup seperti tekanan emosi dan fisik, serta konsumsi kafein, alkohol, atau obat-obatan yang dilarang secara berlebihan juga berkontribusi terhadap terbentuknya FA.

Seminar ini digelar di auditorium gubernuran, Sabtu (30/7) yang dihadiri Dekan Fakultas Kedokteran Unand, dan Pembicara Basjiruddin Ahmad.

Pada kesempatan itu Gubernur Sumbar Irwan Prayito, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh PERKI Sumbar. Semoga para spesialis terus proaktif kepada masyarakat dan memberikan solusi terhadap penyakit stroke dan jantung. ***