Wagub : MTQ ke-XXVI Sumbar Targetkan Peringkat Lima Besar

Wagub : MTQ ke-XXVI Sumbar Targetkan Peringkat Lima Besar

Berita Utama Bagian Pemberitaan Biro Humas(Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat) 24 Juli 2016 17:46:59 WIB


Provinsi Sumbar kembali menargetkan peringkat lima besar dalam MTQ ke-XXVI di  Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 28 Juli -7 Agustus 2016 mendatang. Diharapkan kepada kafilah yang bertanding dapat memberikan hasil yang maksimal.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan Pemprov Sumbar tidak memasang target terlalu tinggi, tapi sebisanya bisa masuk 10 besar dalam MTQ ke-XXVI.

“Kami yakin mereka akan memberikan hasil yang maksimal nanti di sana. Paling tidak kita bisa masuk 10 besar,” harapnya saat melepas kafilah MTQ ke-XXVI di Gubernuran Sumbar Minggu (24/7).

Namun, kalau belum mendapat hasil yang diinginkan nantinya diharapkan akan menjadikan hal tersebut sebagai cambuk untuk tetap maju ke depan. “Tetap berusaha maksimal untuk mengharumkan nama Sumbar di pentas MTQ nasional ke-26 di Mataram nanti,”ujarnya.

Wagub menyebutkan apa yang selama ini diraih Sumbar dari MTQ sebelumnya seperti Ambon dan Batam  yang berada pada peringkat lima besar itu menandakan orang Minangkabau itu cerdas. “Orang kita cerdas dalam beragama, makanya kita tidak pernah mendengar ada orang Minang yang menjadi teroris,”terangnya.

Kepada kafilah dan pelatih Wagub juga berpesan agar tetap menjaga nama baik Sumbar selama di Mataram, NTB nanti. “Jangan sampai kita disebut tidak bagus nanti sepulang dari NTB,”ujarnya.

Lanjut Wagub, NTB saat ini juga sedang gencarnya mengembangkan mengembangkan pariwisata syariah. “Ini nanti akan dapat menjadi contoh juga untuk di bawa ke Sumbar,”tambahnya lagi.

Sementara itu Kepala Biro Bina Sosial, Syahril, mengatakan melalui E-MTQ saat ini kekuatan masing-masing daerah berimbang, sehingga banyak kesempatan Sumbar untuk menyumbangkan prestasi.

“Banyak dari provinsi yang merupakan kompetitor kita malah berguguran diberapa cabang, seperti Lampung, Batam dan Banten,”tukasnya.

Sementara Sumbar tahun ini mengirim 78 orang yang terdiri dari peserta, pelatih, dan pendamping. Untuk rangkaian akan didahului dengan TC pemantapan pada tanggal 25 - 28 juli 2016 di Wisma Kopertis Kompelk UIN Ciputat, Jakarta. “Sebelum nanti akan berlaga di NTB pada 28 Juli hingga 7 Agustus mendatang,”ungkapnya.