MANFAAT DADIAH BAGI KESEHATAN

MANFAAT DADIAH BAGI KESEHATAN

Artikel YUNI ERLITA, S.Pt(Dinas Peternakan & Kesehatan Hewan) 16 Juni 2016 14:43:38 WIB


Manfaat Dadiah Bagi Kesehatan –Dadiah merupakan makanan khas minangkabau yang berbentuk dan mirip dengan yoghurt. Khasiat dadiah atau kegunaan dadiah sangat banyak selain sebagai makanan, Tapi tahukah anda jika ternyata makanan ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita?

Pengertian Dadiah

Dadiah merupakan makanan khas dari minangkabau yang terbuat dari fermentasi susu kerbau yang menggunakan bambu sebagai tempatnya dan daun pisang sebagai penutupnya, makanan ini mirip sekali dengan yoghurt.

Sejarah Singkat Makanan Dadiah

Dari segi bahasa, kata “dadiah” memiliki kemiripan dengan dudh, bahasa dari etnis Sindhi (India dan Pakistan). Sedangkan, kebiasaan orang Persia memakan susu fermentasi dengan bawang merah dan mentimun, mirip dengan kebiasaan memakan dadih yang dilakukan oleh orang Minangkabau pada masa dahulu.

Cara Pembuatan Dadiah

Dadiah difermentasi di dalam wadah dari bambu yang ditutup dengan daun pisang atau daun waru yang telah dilayukan terlebih dahulu di atas api. Fermentasi ini dilakukan dalam suhu ruangan dan berlangsung sekitar 2 sampai 3 hari hingga terjadi penggumpalan.

Cara Makan Dadiah

Cara memakan dadiah adalah sebagai sarapan pagi, dicampur dengan emping atau kerupuk dari nasi dan gula merah. Dadiah juga biasanya dapat dijadikan sebagai lauk pendamping nasi. Ini merupakan salah satu kegunaan dadiah serta fungsi dadiah.

Manfaat dadiah serta khasiat dadiah,

Dari beberapa penelitian diketahui bahwa kandungan dadiah mengandung bakteri baik yaitu asam laktat (Lactobacillus casei) yang potensial sebagai probiotik. Asam laktat di dalam dadiah berperan dalam pembentukan tekstur dan cita rasa. Bakteri asam laktat dan produk turunannya mampu mencegah timbulnya berbagai penyakit seperti :

Selain itu, dadiah diduga efektif sebagai :

  • Antivaginitis
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Memperlancar BAB

Ternyata, tanpa kita sadari dadiah yang merupakan hasil dari fermentasi susu memiliki berbagai macam dan manfaat bagi kesehatan. Semoga bermanfaat dan berguna.

infosehat.org/manfaat-dadih-bagi-kesehatan/