PEMILIHAN PUSTAKAWAN BERPRESTASI TINGKAT PROVINSI SUMATERA BARA TAHUN 2016

PEMILIHAN PUSTAKAWAN BERPRESTASI TINGKAT PROVINSI SUMATERA BARA TAHUN 2016

Berita Utama ROMI ZULFI YANDRA, S.Kom(Dinas Kearsipan dan Perpustakaan) 01 Juni 2016 15:33:55 WIB


Para Pustakawan antusias mengikuti Pemilihan Pustakawan Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang diselenggarakan oleh Badan Perpustakaan dan Kearsipan (BPA) Provinsi Sumatera Barat tanggal 31 Mei 2016 di Basko Premier Hotel, Padang. Pustakawan yang hadir sebanyak 32 orang dari berbagai perpustakaan yang ada di Sumatera Barat. Baik perpustakaan daerah kabupaten/kota maupun perpustakaan sekolah, nagari, dan perguruan tinggi.

Satu orang pustakawan terbaik yang terpilih akan mewakili Provinsi Sumatera Barat di tingkat nasional untuk bersaing dengan pustakawan terbaik dari provinsi di seluruh Indonesia. Pemilihan meliputi ujian tulis, wawancara, dan presentasi. Selain pengetahuan, pustakawan juga dituntut mampu merumuskan dan mengkomunikasikan gagasan-gagasannya kepada publik.

Senada dengan hal tersebut, Ir. Sunyati, M.Si., (Sekretaris), mewakili Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat, menyampaikan bahwa kegiatan ini juga bertujuan memotivasi pustakawan untuk terus meningkatkan kapasitas pengetahuan dan keterampilannya dalam mengembangkan perpustakaan.

“Kegiatan ini juga merupakan ajang uji kompetensi bagi pustakawan Indonesia,” lanjut Ir. Sunyati, M.Si.

Dra. Yuhermi, Kepala Sub Bidang SDM Kelembagaan dan Sistem Perpustakaan, selaku ketua panitia menyampaikan bahwa yang diharapkan dari ajang pemilihan ini tidak hanya juara saja, namun melahirkan pustakawan yang terbaik dan benar-benar berdedikasi serta mampu memajukan perpustakaan di tempatnya masing-masing.

Peserta didominasi oleh pustakawan dari sekolah dan perguruan tinggi. Dari 32 peserta akan dipilih 10 besar untuk mengikuti tes wawancara. Selanjutnya diseleksi menjadi 5 besar yang akan diberi kesempatan mempresentasikan gagasan-gagasannya dalam memajukan perpustakaan yang sesuai dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi. Persentasi akan dilaksanakan pada tanggal 3 Mei 2016 di gedung kantor Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat.

5 peserta yang lolos untuk melakukan persentasi yaitu Wulandari dari KPAD Kota Padang, Rahma dari KPAD Kabupaten 50 Kota, Deri dari ISI Padang Panjang, Nasrul dari IAIN, Armen dari IAIN. ***