Kemitraan Penyelamatan Air

Kemitraan Penyelamatan Air

Berita Utama Jojon(Biro Humas) 28 April 2016 11:06:46 WIB


Padang, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno membuka secara resmi Pembinaan Revitalisasi  Gerakan Nasional Kemitraan Penyelematan Air (GN-KPA) 2016-2019 di Hotel Mercure Rabu 27 April 2016 Padang.

Ikut hadir Ketua Pembina GN-KPA Djoko Kirmanto, Kementerian PUPR, Pejabat Eselon I dan II Kementerian terkait MoU 8 Kementerian, Kepala Bappeda dari 25 Provinsi, serta Perwakilan Pemerintah Kabupaten Wonogiri.

Victor Sidabutar yang merupakan Sekretaris GN-KPA melaporkan maksud penyelenggaraan kegiatan adalah untuk koordinasi dan bertukar fikiran antara semua pemangku kepentingan dalam rangka penyelamatan air di seluruh wilayah Indonesia.

Sedankan tujuan dari kegiatan adalah penajaman program revitalisasi GN-KPA 2016-2020 antara 8 Kementerian terkait (Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Pekerjaan Umum Perumhan Rakyat, Kementerian Pertanian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Kementerian Desa,PDT,danTransmigrasi) bersama Pemerintah Daerah.

Sementara Irwan Prayitno menyampaikan kegiatan ini sangat penting dalam rangka penyelamatan sumber air untuk kepentingan masyarakat. Ada 506 sungai di Sumatera Barat memiliki potensi sebagai lumbung air, namun juga dapat menimbulkan bencana disaat musim hujan, oleh sebab itu perlu koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk menyelamatkan kualitas dan kuantitas air.

Program revitalisasi di Sumatera Barat yang sudah berlangsung sejak 2008 di antaranya:
1. Penghijauan hulu Batang Kuranji
2. Sosialisasi GN-KPA Provinsi Sumatera Barat
3. Penghijauan di Situ Mega Melit, Simawang, Kabupaten Tanah Datar
4. Penghijauan dan pembuatan Biopori di sekolah-sekolah
5. Dilanjutkan tahun 2014 dengan Pembentukan Tim GN-KPA Provinsi Sumatera Barat

Dikatakannya perlu diadakan kegiatan revitalisasi ini. Dari 15 danau prioritas nasional, terdapat 2 danau di Sumatera Barat yakni Danau Maninjau dan Danau Singkarak. Dari 108 DAS kritis terdapat 2 DAS yakni DAS Anai, dan DAS Kuranji.

“Semoga dengan adanya Mou 8 Kementerian dan penajaman program revitalisasi GN-KPA 2016-2020 dapat mencegah kekurangan ketersedian air serta menjaga dan melestarikan sumber air untuk kehidupan masyarakat,” harap Gubernur. ***