RAKERNIS DIKLAT ASN SUMATERA BARAT

RAKERNIS DIKLAT ASN SUMATERA BARAT

Berita Utama () 26 April 2016 14:03:47 WIB


Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) harus meningkatkan jiwa korsa dan semangat kerja yang tinggi dalam melaksanakan tugas, hal ini disampaikan oleh Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI  Bapak Dr. Adi Suryanto. MSi dalam sambutannya  pada saat pembukaan Rapat Koordinasi  Teknis (RAKORNIS)  Penyelenggaraan DIKLAT Sumatera Barat 26 April 2016  di aula Badan DIKLAT Sumatera Barat jalan Indarung Padang. RAKORNIS ini juga dihadiri oleh kepala Pusat PKP2A IV Aceh Bapak Ir. Faizal Adriansyah. MSi yang langsung datang bersama kepala LAN RI

 

Lebih lanjut  kepala LAN RI menyampaikan dalam makalahnya yang berjudul “Kebijakan Pelaksanaan Pengembangan Kompetensi ASN” Adi Suryanto mengatakan  untuk meningkatkan korsa dan semangat kerja, ASN harus mengembangkan dirinya melalui Diklat dan pendidikan formal, sehingga dengan demikan kompetensi ASN akan meningkatkan pula, sebab  sesuai dengan Undan-undang ASN yang baru, pengembangan ASN merupakan hak bagi  ASN tersebut, untuk itu mereka harus dikembangkan kemampuannya. Apakah melaui Diklat, seminar, symposium, pendidikan formal dan sebagainya.

 

Selanjutnya Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Dr. Ali Asmar dalam makalahnya yang berjudul “Strategi Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Pemkab/Kota se Sumatera Barat mengatakan bahwa” efisiensi dan efektivitas bagi ASN dalam melaksanakan pekerjaan terutama dalam melayani masyarakat amat diperlukan, untuk itu perlu pengembangan kompetensi ASN terutama dalam berkreasi dan berinovasi, sehingga pelayanan itu betul-betul dapat dirasakan oleh masyarakat. Masih banyak ASN kita yang belum dikembangkan komptensinya sehingga pelaksanaan pelayanan public dan juga mengerjakan pekerja kantor jadi sering mengalami kendala, untuk itu dituntut peran DIKLAT, peran  Badan Kepegawaian Daerah (BKD)  dan ASN serta  Stake holder terkait agar memperhatikan betul pengembangan komptensi ASN ini kedepan, apalagi sekarang Prsiden RI Bapak Joko Widodo menuntut Revolusi Mental harus segera dilaksanakan dalam jajaran Birokrasi kita.

 

RAKERNIS ini mengambil tema “Pengembangan Kompetensi Pegawai menuju Aparatur Sipil Negara yang Profesional“, dan sebagaimana disampaikan oleh Kepala Badan DIKLAT Provinsi Sumatera Barat Rosman Effendi , bahwa pemimpin sekarang harus mempunyai kompetensi dibidangnya terutama bidang manajemen dan kepemimpinan, disamping itu pemimpin sekarang harus menguasai Teknologi Informasi dalam mendukung pekerjaannya, baik dalam melayani masyarakat maupun dalam melaksanakan pekerjaan teknis lainnya” Kegiatan ini diikuti sebanyak 150 orang peserta terdiri dari seluruh SKPD Provinsi, Kepala BKD Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat, Kepala Bidang DIKLAT se Sumatera Barat, dan pembiayaannya dibebankan kepada APBD Pemerintah Provinsi Sumatera Barat Tahun Anggaran 2016, demikian mantan Sektretaris Daerah Pesisir Selatan ini menutup laporannya.(by. Akral)