WAPRES BUKA INACRAFT 2016

WAPRES BUKA INACRAFT 2016

Berita Utama Bagian Pemberitaan Biro Humas(Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat) 20 April 2016 15:04:46 WIB


Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka Pameran INACRAFT 2016 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (20/04/2016). Acara yang dilaksanakan dari 20 -24 April mendatang dihadiri juga oleh Menteri Perdagangan Menteri Perindustrian Saleh Husin, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno beserta Isteri, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama beserta Isteri, Bupati/ Walikota se-Sumatera Barat serta para utusan dari negara-negara lain.

Dalam sambutan, Jusuf Kalla menginginkan agar produk-produk kerajinan Indonesia dapat menembus pasar yang lebih luas, salah satunya melalui INACRAFT yang dilaksanakan setiap tahunnya.

“Pada Pameran ini akan banyak sekali produk-produk kerajinan yang akan ditampilkan dari seluruh Indonesia, dan ini merupakan sebuah peluang besar yang harus bisa dimanfaatkan” ujarnya.

Namun, Wakil Presiden Indonesia tersebut juga menegaskan, jika produk-produk dalam negeri ingin bersaing dengan produk negara lain harus memperhatikan beberapa aspek, yakni : Produk tersebut harus berkualitas yang baik , harus mampu membaca keinginan pasar dan  harus bisa membuat sistem produksi dalam jumlah yang lebih besar (ekspor).

“Jadi, selain ekonomi yang kita dapat, kita juga akan memperoleh nilai tambahan lainnya, yakni memperkenalkan kebudayaan kita kepada negara luar” sebut Jusuf Kalla.

Pembukaan Pameran INACRAFT tahun 2016 ditandai dengan pemukulan gandang tasa oleh Wakil Presiden Indonesia.

Sebelumnya, Ketua Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia Thamrin Bustami dalam sambutan mengatakan bahwa untuk tahun ini sebagai ikon pameran INACRAFT adalah Sumatera Barat.

“Untuk Tahun depan, Ikon Pameran ini adalah Daerah Istimewa Jogjakarta” sebutnya.